Pangkoarmada II Ikuti Upacara Pelepasan Ekspedisi Jala Citra 1 Aurora 2021

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Koarmada II, Surabaya – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr (Han), didampingi Asops dan Aslog Pangkoarmada II mengikuti Upacara Pelepasan Expedisi Jala Citra1-2021 Aurora yang dilaksanakan virtual bertempat di Puskodal Koarmada II pada Selasa (03/08).

Pemberangkatan Expedisi Jala Citra1-2021 Aurora dengan menggunakan KRI Spica-934 dari di dermaga Pondok Dayung Jakarta yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bertujuan untuk mensosialisasikan peran TNI AL dalam hal ini kerja Pusat Hydro Oceanografi TNI AL (Pushidrosal) sebagai lembaga Hydrografi Nasional yang tergabung dalam Hydrografi Dunia.

Menurut Pangkoarmada II kegiatan Expedisi Jala Citra1-2021 Aurora ini akan melaksanakan eksploitasi sumber daya alam serta pembaruan data bagi entri nasional diperairan Halmahera khususnya dibagian laut dalam yang belum memiliki pemutakhiran data selama lebih dari 50 tahun yang mendukung Indonesia sebagai poros maritime dunia. Expedisi Jala Citra1-2021 Aurora merupakan kolaborasi antara peneliti dari Pushidrosal, peneliti dari kementerian lembaga terkait dan beberapa peneliti dari beberapa Universitas nasional yang akan bekerja dengan menggunakan alat survey dan pemetaan yang ada di KRI Spica-934.

“ Secara spesifik ekspedisi ini akan melaksanakan penelitian dibidang hydrografi untuk menjamin keselamatan navigasi dilaut dan menemukan sumberdaya alam ataupun potensi sumber daya alam lainnya serta untuk mengetahui karakteristik aliran transformasi air laut dan kondisi organisme laut serta untuk mengetahui cuaca musiman, “ ungkap Laksda Iwan.

“ Ini juga merupakan momentum kebangkitan kembali ekspedisi kelautan yang dilaksanakan untuk mengeksplorasi sumber daya kelautan Indonesia oleh putra-putri Indonesia, “ pungkas Laksda Iwan.

Editor : Ndre
Sumber : Pen2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.