Panglima Kostrad Hadiri Pembukaan Latma Garuda Shield Ke-15/ 2021

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Panglima Kostrad (Pangkostrad),  Letjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., menghadiri pembukaan Latihan Bersama (Latma) Garuda Shield Ke-15 Tahun 2021 antara TNI Angkatan Darat (AD) dan US Army, yang dibuka secara langsung oleh Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa didampingi Komandan Jenderal Angkatan Darat Pasifik Amerika Serikat Jenderal Charles A. Flynn di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Rabu (4/8/2021) Pukul 08:00 Wib.

Jenderal TNI Andika Perkasa dalam sambutannya mengatakan, bahwa Latihan Bersama Garuda Shield yang Ke-15 tahun ini merupakan latihan terbesar yang dilaksanakan oleh kedua negara dengan tema latihan meningkatkan hubungan bilateral antar kedua negara, yang akan diselenggarakan tanggal 4 s.d 14 Agustus 2021 di 3 tempat berbeda, yaitu Puslatpur Kodiklatad-Baturaja, Amborawang- Balikpapan, dan Makalisung – Manado.

“Tujuan dari Latihan Bersama ini bukan hanya untuk meningkatkan kemampuan prajurit TNI AD, melainkan mengembangkan materi pelajaran lain. Seperti Prosedur Pengambilan Keputusan Taktis (PPKT), Drill Taktis, penggunaan Multiple Integrated Laser Engagement (MILES), penggunaan Phase Line berupa pengiriman hasil intai daerah operasi menggunakan Drone (UAS) ke Heli Apache, dan penembakan roket ASTROS serta HIMARS,” jelas Jenderal TNI Andika Perkasa.

Pada Latihan Bersama (Latma) tahun ini, materi lain yang dilatihkan adalah Field Training Exercise (FTX), Live Fire Exercise (LFX), Aviation dan Medical Exercise (Medex) serta dua program latihan yang akan digabungkan, yaitu Joint Combined Exchange Training (JCET), dan Garuda Airborne.

“Saya berharap Latma Garuda Shield-15/2021 ini dapat terus kita tingkatkan, sebagai simbol kekuatan dan wujud diplomasi militer kita dalam mewujudkan perdamaian dan stabilitas keamanan,” pungkasnya.

Dalam pelaksanaannya, latihan ini melibatkan penyelenggara dan pelaku sebanyak 2.246 personel TNI AD dan 2.282 personel US Army.

Untuk diketahui, usai pembukaan dilaksanakan penerjunan bersama 670 personel AD AS dan personel TNI AD dari Kostrad dan perwakilan seluruh Kodam yang berkualifikasi Para atau Lintas Udara menggunakan pesawat C-17 Globemaster milik AD AS di Puslatpur Kodiklatad-Baturaja.

Sebelumnya mereka berlatih bersama Prajurit dari 82nd Airborne Division, US Arm dalam program ”Garuda Airborne” di Markas 82nd Airborne Division UD Army di Kota Fort Bragg Negara Bagian Carolina Utara selama 2 pekan.

Editor : Ndre
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.