Posko Oksigen Koarmada II Tetap Operasi Untuk Kebutuhan Darurat Masyarakat

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Koarmada II. Surabaya – Kasus COVID-19 aktif di Jatim perlahan mulai menurun. Saat ini tersisa 4 kabupaten/kota di Jatim yang masih jadi zona merah COVID-19. Namun kondisi ini tidak mempengaruhi TNI AL melalui Koarmada II untuk tetap mengoperasikan posko bantuan oksigen di Jalajaya, Surabaya.

“Artinya memang posko oksigen ini masih dibutuhkan untuk bersiap-siap apabila ada masyarakat yang membutuhkan,” kata Komandan Satgas Bantuan Oksigen Darurat TNI AL Koarmada II, Kolonel Laut (P) Agus Haryanto, pada Minggu (29/8).

Menurutnya jumlah pendaftar sewaktu lonjakan kasus Covid-19 meningkat di Jatim, khususnya Surabaya, jumlah perhari bisa mencapai puluhan pendaftar. “Tapi sekarang sehari sekitar 11 orang. Rata-rata mereka adalah yang sedang menjalani isolasi mandiri, ” terang Kolonel Agus.

Meski demikian Satgas yang Ia pimpin tetap siaga, dengan dukungan KRI dr. Soeharso-990 sebagai depo isi ulang oksigen. Sebab keberadaan mereka memang dikondisikan untuk kebutuhan darurat masyarakat.

Senada dengan Agus, di tempat terpisah Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M. Tr. (Han) mengungkapkan, bahwa posko bantuan oksigen tetap beroperasi karena merupakan bagian dari program prioritas TNI AL yang saling terintegrasi dalam percepatan pengendalian Covid-19 di tanah air.

“Untuk membantu pemerintah, TNI AL punya program prioritas diantaranya serbuan vaksinasi, bantuan oksigen, dan donor plasma konvalesen. Semua saling terkait. Sesuai perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. kepada seluruh jajaran TNI AL, agar mengedepankan totalitas dalam pelaksanaannya, ” tandas Pangkoarmada II (red).

Editor : Fram
Sumber : Kadispen Koarmada II

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.