Tiga Langkah Jitu Untuk Menanggulangi Karhutlah

Spread the love

Jurnalline.com, Ogan Ilir (Sumsel) – Langkah jitu yang di persiapkan Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar
dalam menanggulangi bencana Kebakaran Lahan dan Hutan di wilayah Kabupaten Ogan Ilir.

Langkah jitu tersebut dalam menanggulangi bencana Kebakaran Lahan dan Hutan yaitu, membentuk tim Satgas disetiap Desa sebanyak tiga orang, memanfaatkan lahan tidur menjadi pertanian dan menyiapkan Peraturan Daerah (Perda) dalam penanggulan Karhutlah.

“Hari ini kita barusan selesai menggelar rapat dengan Dinas terkait untuk menindak lanjuti himbauan dari BPBD Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) bahwa di Kabupaten Ogan Ilir dalam kurun waktu satu minggu ini, banyak titik-titik hotspot Karhutlah. Kita akan rekrut tiga orang tim satgas disetiap desanya kemudian memanfaatkan lahan tidur menjadi pertanian dan membuat Perda ke DPRD OI,”kata Panca Wijaya Akbar usai menggelar rapat diruang rapat Bupati OI, Rabu (4/8)

Ia menambahkan, selain memanfaatkan lahan tidur menjadi pertanian, dirinya juga perintahkan Kepala Desa untuk mendata kepemilikan lahan tidur yang ada disetiap desanya.

“Ya, tadi saya perintahkan Kepala Desa untuk mendata kepemilikan lahan tidur, jika terjadi karhutlah kita tahu siapa yang harus bertanggung jawabnya, dan kita juga akan menyiapkan perda dalam menangggulangi Karhutlah ini”terangnya.

Penulis ; Sy
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.