TNI AL Kodiklatal Turut Partisipasi dalam Serbuan Vaksin yang Diselenggarakan STTAL

Spread the love

Jurnalline.com, Kodiklatal Surabaya – Tenaga Kesehatan (Nakses) dari Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) turut berpartisipasi dalam serbuan Vaksin yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL). Adapun serbuan vaksin yang digelar selama dua hari tersebut digelar di Kampus STTAL Bumimoro Surabaya, Selasa, (31/8/2021).

Para Nakes Kodiklatal ini di bawah Koordinator Komandan Pusat Pendidikan Kesehatan (Danpusdikkes) Kodikdukum Kolonel Laut (K) drg. Ketut Triwanto, Sp. Ort sekaligus Dansatgas Penanganan Covid 19 Kodiklatal.

Sebelum melepas tim Nakes Kodiklatal, Danpusdikkes ini menyampaikan bahwa dalam serbuan vaksin yang diselenggarakan di Kampus STTAL Bumimoro Surabaya ini panitia dalam hal ini STTAL menargetkan 650 orang masyarakat umum Surabaya dengan menggunakan vaksin sinovak. Adapun vaksin yang diberikan ini merupakan vaksin pertama, sedangkan tim Nakes Kodiklatal yang terlibat dalam Serbuan Vaksin ini semuanya berasal dari Satuan Kesehatan (Satkes) Kodiklatal.

Selain itu juga disampaikan bahwa kegiatan vaksin ini dalam rangka perintah Komandan Kodiklatal yang merupakan instruksi langsung Kepala Staf Angkatan Laut yang memerintahkan agar seluruh jajaran untuk melaksanakan kegiatan serbuan vaksin Covid-19. Kegiatan ini juga untuk mempercepat pencapaian Herd Imunity sehingga Indonesia sehat dan bebas covid 19.

Untuk mempercepat pencapaian Herd Imunity Indonesia bebas covid 19 tim Nakes Kodiklatal telah melaksanakan beberapa rangkaian vaksin baik vaksin pertama maupun kedua, diawali vaksin khusus prajurit dan siswa yang menempuh pendidikan di Kodiklatal yang diteruskan keluarga besar Istri dan anak yang berusia 12 sampai 17 tahun prajurit Kodiklatal.

Kegiatan dilanjut dengan serbuan Vaksin kepada masyarakat maritim dan pekerja pelabuhan yang dilaksanakan beberapa kali. Kegiatan ini bekerja sama dengan PT Pelindo III Surabaya. Vaksin lainnya bekerja sama dengan Pemkot Surabaya di Lapangan Thor Surabaya, kerja sama Kodam V Brawijaya di lapangan Makodam V dan bekerja sama dengan Kogartap III Surabaya vaksin di Mako Kogartap.

Sedangkan vaksin di luar masyarakat Surabaya, tim Nakes Kodiklatal telah memvaksin masyarakat Dabo Singkep Kepulauan Riau, Masyarakat kepulauan Karimunjawa dan masyarakat Kabupaten Situbondo. Untuk saat ini tim Nakes Kodiklatal sedang melaksanakan vaksin yang bekerja sama dengan STTAL, sedangkan ke depan akan melaksanakan vaksin tahap 2 kepada masyarakat di Kepulauan Karimun Jawa.

Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.