Wing Udara 1 Puspenerbal Gelar Apel Pasukan Latopsgab Aspek Udara TA 2021

Spread the love

Jurnalline.com, Sidoarjo Puspenerbal – Komandan Puspenerbal Laksda TNI Edwin S.H., M.Han yang diwakili Dirops Puspenerbal Kolonel Laut (P) Catur Nur Ardiantoro memimpin Apel Gelar Pasukan serta unsur dalam rangka Latihan Operasi Gabungan aspek Udara Puspenerbal TA. 2021 yang dilaksanakan di apron Lanudal Tanjungpinang Jl. Nusantara KM.12 Tanjungpinang. Rabu (1/9).

Amanat Danpuspenerbal yang dibacakan oleh Dirops Puspenerbal menyampaikan Apel Gelar Pasukan yang diselenggarakan ini merupakan pemeriksaan kesiapan dan simbolisasi formal dimulainya manuver lapangan pada Latihan Operasi Gabungan Aspek Udara Puspenerbal TA. 2021 di Pulau Bintan dan sekitarnya.

Penyelenggaraan Latopsgab Aspek Udara ini digunakan untuk menguji, menilai, mengevaluasi dan mengukur sejauh mana hasil pembinaan kemampuan dan kekuatan unsur-unsur Puspenerbal di bidang operasi dukungan pesud sesuai fungsi penerbangan TNI Angkatan yang telah dicapai selama ini.

Sementara itu dalam pelaksanaan kegiatan Apel Gelar Pasukan tersebut, Komandan Wing Udara 1 Puspenerbal Kolonel Laut (P) Imam Safi’i selaku Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) melaporkan kesiapan dari Personel Satuan yang terlibat dalam latihan diantaranya Wing Udara1, Lanudal Tanjungpinang, Koarmada 1, Pasmar 1 dan RSAL DR. Midiyato Suratani. Dalam Latopsgab ini Wing Udara 1 mengerahkan 1 Pesud Casa NC 212, 1 Heli Bolkow dan 1 Heli Bell, Wing Udara 2 mengerahkan 1 Pesud CN 235, 1 Pesud Casa NC 212, 1 Heli Bell dan 1 Heli Panther, dan dari Koarmada 1 mengerahkan 1 KRI Satuan Bantu.

Materi Latihan ini mencakup Komunikasi Taktis, Anti Kapal Permukaan Air dan Anti Kapal Selam, Pendaratan Pasrat Lintas Heli, Ship Board Operation (SBO), Air Joining Procedure (AJP), Intai Udara Maritim, Evakuasi Medis Udara (EMU), Vertical Replenishment (Vertrep), dan Winch Exercise (Winchex) antara Helikopter dengan KRI, serta Penerjunan Personel dan Materiil.

Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.