Kasal : Pendidikan Perwira Investasi SDM Jangka Panjang TNI AL

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – “Pendidikan Perwira merupakan investasi Sumber Daya Manusia (SDM) jangka panjang yang akan menentukan kelangsungan dan kemajuan organisasi TNI Angkatan Laut” demikian salah satu penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., saat melantik dan mengambil sumpah 756 Perwira muda lulusan Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan ke-51 dan Pendidikan Pembentukan Perwira Singkat (Diktukpakat) TNI AL TA 2021 dalam upacara militer Prasetya Perwira (Praspa) di Lapangan Laut Maluku, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Jumat, (29/10).

Pembangunan SDM merupakan bagian esensial dari pembangunan kekuatan dan kemampuan TNI Angkatan Laut, sehingga Laksamana Yudo menjadikan prioritas pembangunan SDM prajurit Matra Laut sebagai prioritas pertama dari sembilan prioritas program sejak Laksamana Yudo menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut. “Angkatan Laut yang dibangun dan dibentuk dalam sebuah Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang terdiri dari KRI, Pesawat udara (Pesud), Marinir dan pangkalan, harus diawaki oleh personel yang memiliki kompetensi tinggi dan berkarakter maritim yang kuat,” ujar Laksamana Yudo.

Lebih lanjut Kasal menjelaskan bahwa Perwira muda lulusan Diktukpa Angkatan ke-51 dan Diktukpakat TA. 2021 harus mampu memahami dan menjabarkan perintah atau instruksi yang diberikan oleh pimpinan dan atasan. “Sebagai pemimpin pada strata Perwira muda, harus bertindak dengan cermat dan sigap, serta menjadi motor penggerak di satuan-satuan tempat para Perwira bertugas nantinya,” jelas Kasal.

Acara pengambilan sumpah Perwira ini, merupakan prosesi sakral yang melambangkan hubungan vertikal dengan Tuhan Yang Maha Esa yang harus dipertanggungjawabkan secara moral sesuai agama masing-masing, dalam rangka pengabdian kepada bangsa dan negara. Dari jumlah Perwira lulusan Diktukpa Angkatan ke-51 yang dilantik tersebut, 100 orang merupakan Korps Pelaut, 76 orang Korps Teknik, 46 orang Korps Elektro, 93 orang Korps Suplai, 85 orang Korps Marinir, 27 orang Korps Kesehatan, 23 orang Korps Khusus, dan 19 orang Korps Polisi Militer. Sedangkan Perwira lulusan Diktukpakat TNI AL TA 2021 terdiri dari 80 orang merupakan Korps Pelaut, 58 orang Korps Teknik, 30 orang Korps Elektro, 25 orang Korps Suplai, 55 orang Korps Marinir, 5 orang Korps Kesehatan, 26 orang Korps Khusus, dan 11 orang Korps Polisi Militer.

Beberapa waktu sebelumnya, mereka telah menjalani upacara Penutupan Pendidikan (Tupdik) di Lapangan Laut Maluku, Kodiklatal yang dipimpin Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat. Dalam acara tersebut, selain penyerahan medali Jala Wira Adhiguna kepada lulusan terbaik, juga diserahkan ijazah kepada seluruh lulusan oleh Dankodiklatal. Medali Jala Wira Adhiguna, yang berarti perwira laut yang perkasa dan berguna, merupakan medali penghargaan bagi siswa lulusan terbaik yang diimpikan dan diperebutkan para siswa Diktukpa dan Diktupakat.

Adapun lulusan terbaik tiap korps untuk Diktukpa Angkatan Ke-51 sebagai berikut: Korps Pelaut atas nama Letda Laut (P) Sugianto, Korps Teknik Letda Laut (T) Agun Widyanto, Korps Elektronika Letda Laut (E) Teguh Setiono, A.Md., Korps Suplai Letda Laut (S/W) Putty Johariningsih, Korps Marinir Letda Mar Bahrul Ulum, Korps Kesehatan Letda Laut (K) Willy Deska,S.Kep, Korps Khusus Letda Laut (KH) Aryadi, dan Korps Polisi Militer Letda Laut (PM) Bagus Endar. Sedangkan lulusan terbaik tiap korps untuk Diktukpakat TA 2021 adalah Korps Pelaut atas nama Letda Laut (P) Ahmat Sobli, Korps Teknik Letda Laut (T) Dwi Budianto, Korps Elektronika Letda Laut (E) Ahyuddin Liomba, Korps Suplai Letda Laut (S/W) Emy Wuryaningsih, Korps Marinir Letda Mar Bolfen Sirait, Korps Kesehatan Letda Laut (K) Nonki Hussein, Korps Khusus Letda Laut (KH) Agus Supriyanto, dan Korps Polisi Militer Letda Laut (PM) Fatkhur Rozak.

Editor : Ndre
Sumber : Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.