Resmi Dibuka, Latma CARAT 2021 Ajang Tingkatkan Kemampuan Perang Prajurit TNI AL Dan US Navy

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Koarmada II. Surabaya – Panglima Komando Armada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han), yang diwakili oleh Kepala Staf Koarmada II Laksma TNI Rachmad Jayadi, resmi membuka Latihan Bersama Cooperation Afloat Readiness And Training (CARAT) 2021 dalam upacara pembukaan yang digelar di Auditorium Puslatkaprang Komando Latihan Koarmada II, pada Senin (1/11/2021).

Menandai dimulainya latihan bilateral antara angkatan laut Indonesia dengan Amerika Serikat ini, Kaskoarmada II menyematkan tanda peserta dan ban lengan kepada perwakilan dari delegasi TNI AL dan US Navy. Upacara pembukaan juga turut disaksikan melalui sarana video conference oleh Capt.Tom Ogden sebagai Commander of Destroyer Squadron 7 (Comdesron 7) sekaligus sebagai key speaker US Navy.

Ikut hadir Danpasmar-2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan, Dan Wing Udara 2, Wadan Puskopaska, para Asisten Pangkoarmada II, Komandan Satkor Koarmada II Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo sebagai Komandan Satgas Latma CARAT 2021, para Kasatker Koarmada II serta delegasi US Navy dan peserta latihan.

Menurut Pangkoarmada II dalam sambutan tertulisnya, Latma CARAT 2021 adalah latihan yang penting untuk dilaksanakan karena memiliki nilai tinggi dalam meningkatkan kemampuan dan profesionalisme kita sebagai angkatan laut.

“Latihan Bersama CARAT 2021 adalah forum kerjasama militer antara TNI AL dan US Navy, terutama armada ke-7. Program latihan bilateral antar kedua negara ini, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan profesi prajurit TNI AL dan US Navy, dan menjadi tempat berbagi pengetahuan yang dapat meningkatkan keterampilan serta kemampuan teknis dan taktis tempur peperangan laut, serta interoperabilitas dalam menghadapi tantangan keamanan maritim kedua negara,” ujar Pangkoarmada II.

Lebih lanjut Pangkoarmada II berharap melalui latihan ini, para prajurit TNI AL mampu meningkatkan kemampuan dan sharing pengetahuan operasi, juga mampu mewujudkan persahabatan dengan personal US Navy melalui interaksi selama latihan berlangsung.

CARAT 2021 dijadwalkan pelaksanaannya dari tanggal 1 hingga 10 November 2021, di sejumlah lokasi yakni Koarmada II, Laut Jawa, Pantai Kenjeran, Pantai Pasir Putih Situbondo, Lanudal Juanda, Lakesla dan Yonif 1 Mar. Latihan terbagi dalam dua bagian atau tahap. Antara lain Shore Phase (Kegiatan di Pangkalan) dari tanggal 1 hingga 7 November 2021. Selanjutnya tahap Sea Phase (Tahap Laut/Manuver Lapangan) pada tanggal 8 – 10 November 2021.

Dalam latihan CARAT 2021, TNI AL mengerahkan 5 unsur alutsista dan 10 Tim Pendukung. Antara lain KRI I Gusti Ngurah Rai-332, KRI Diponegoro-365, KRI Singa-651, Pesawat CN-235 MPA, dan Heli. Kemudian Tim Kopaska ,Tim MINEX, Tim Force Protection detection, Tim Force Protection , Tim Diving/Salvage Teams ,Tim Kesehatan, Tim Maritime Domain Awareness (SMEE), Tim Legal Team (SMEE), Marinir (SMEE), dan Band Koarmada II.

Dari pihak USN, mereka melibatkan USS Jackson, USNS Millinocket, Heli MH60S, VBSS Team, P-8A Poseidon. Juga sejumlah timpendukung yang terdiri dari Force Protection Team (SMEE),Public Affairs and C7F Band (SMEE), Medical Team (SMEE), MDA Team (SMEE),Legal Team (SMEE), Dive/Salvage Team, MINEX Team (SMEE), EOD Team, serta USMC Amphibious Warfare Team (SMEE).

Editor : Ndre
Sumber : Pen2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.