Helikopter Latih Bell 505 Perkokoh Kekuatan Alutsista Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut

Spread the love

Jurnalline.com, Sidoarjo Puspenerbal – Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) Laksamana Muda (Laksda) TNI Edwin, menerima dua unit Helikopter Latih Single Engine Bell 505 dari PT. Atamora Tehnik Makmur yang disaksikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono di Apron Museum Penerbangan Juanda, Sidoarjo, Rabu (08/12/2021).

Helikopter latih Bell 505 yang dikembangkan Bell Textron Kanada ini diserahkan oleh Direktur PT. Athamora Tehnik Makmur Deritary melalui penandatangan berita acara serahterima kepada Kepala Dinas Pengadaan TNI AL (Kadisadal) Laksma TNI Maman Rohman. Dari Kadisadal diserahkan kepada Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksda TNI Puguh Santoso, dan kemudian diserahkan kepada Komandan Puspenerbal Laksda TNI Edwin.

Helikopter latih Bell 505 adalah helikopter yang dikembangkan Bell Textron Kanada yaitu generasi terbaru dari Bell Textron yang efisien bahan bakar serta dilengkapi dengan rangkaian Avionics yang canggih sehingga tepat digunakan dalam rangka mendukung Peningkatan Kualifikasi Penerbang dan Siswa Penerbang TNI Angkatan Laut.

Acara dilanjutkan dengan Pentahbisan Helikopter yaitu Heli I ditahbiskan oleh Kasal diawali dengan penyerahan kendi dari penari Gatot Kaca dilanjutkan penyiraman heli menggunakan kendi, setelah penyiraman dilanjutkan pemecahan kendi dan penyiraman air bunga menggunakan gayung batok, selanjutnya pembukaan selubung lambang skuadron dan peninjuan. Sementara Heli II ditahbiskan oleh Danpuspenerbal dengan prosesi yang sama.

Kasal pada sambutannya mengatakan bahwa pesawat udara sebagai komponen yang tidak terpisahkan dari Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) memiliki peran dan fungsi yang sangat vital, baik sebagai mata dan telinga maupun kepanjangan tangan dari armada kapal perang.

Lanjut Kasal, “helikopter latih Bell-505 ini adalah pengadaan TNI Angkatan Laut tahun 2021, yang selanjutnya akan bergabung dalam Skuadron Udara 200 Wing Udara 2 Puspenerbal dan diproyeksikan sebagai Heli Latih Single Engine bagi para penerbang TNI Angkatan Laut”, Ujar Laksamana Yudo.

Helikopter latih Bell-505 adalah helikopter yang dikembangkan Bell Textron Kanada yaitu generasi terbaru dari Bell Textron yang efisien bahan bakar serta dilengkapi dengan rangkaian Avionics yang canggih sehingga tepat digunakan dalam rangka mendukung Peningkatan Kualifikasi Penerbang dan Siswa Penerbang TNI Angkatan Laut.

Peran Penerbangan TNI Angkatan Laut memiliki enam fungsi yaitu pengintaian udara maritirn, anti kapal selam, anti kapal permukaan, pendaratan pasrat lintas heli, dukungan logistik cepat dan pengamatan laut dalam rangka penyelenggaraan operasi laut.

Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.