Satgas TNI AL Bantu Penanganan Bencana Erupsi Gunung Semeru

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Merespon terjadinya bencana alam meletusnya Gunung Semeru, TNI Angkatan Laut (TNI AL) segera mengerahkan prajuritnya yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Erupsi Gunung Semeru dari Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) V Surabaya untuk membantu warga terdampak bencana gunung Semeru.

Ratusan Personel telah dikerahkan TNI AL khususnya Lantamal V Surabaya guna melaksanakan Satgas Penanggulangan Bencana Alam yang saat ini sudah berada di Posko Utama Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candi Puro, Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Berbagai perlengkapan seperti tenda lapangan, obat-obatan, dukungan kesehatan lainya, hingga kendaraan taktis di kerahkan guna melaksanakan evakuasi serta pertolongan kepada masyarakat terdampak bencana.

Bersamaan dengan pengerahan pasukan ke wilayah bencana alam, TNI AL khususnya wilayah Lantamal V Surabaya juga tengah membuka posko bantuan kemanusiaan TNI AL Lantamal V yang bertujuan mengumpulkan bantuan kemanusiaan baik itu dari institusi, satuan TNI, masyarakat, hingga sektor swasta, untuk secepatnya didistribusikan menuju lokasi bencana meletusnya Gunung Semeru.

Selain itu, Dinas Psikologi TNI AL (Dispsial) juga dikerahkan untuk memberikan bantuan Healing kepada warga terdampak khususnya anak-anak yang sampai saat ini masih berada di sejumlah tempat pengungsian.

Ini adalah merupakan respon cepat jajaran TNI AL Lantamal V dalam penanggulangan bencana alam yang terjadi di Lumajang, sesuai instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar keberadaan prajurit TNI AL dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Editor : Ndre
Sumber : Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.