Aksi Tim VBSS Satkopaska Koarmada II Bikin Terkesima Peserta BEB Akademi TNI

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Koarmada II. Surabaya – Aksi demo pembebasan sandera yang dilakukan oleh Tim Visit, Board, Search and Seizure (VBSS) Satkopaska Koarmada II, sukses membuat terkesima 750 Taruna Akademi TNI yang mengikuti Bhinneka Eka Bakti (BEB) tahun 2022 di KRI Surabaya-591,Rabu (5/1).

Bhinneka Eka Bakti atau BEB merupakan agenda yang dimiliki Akademi Tentara Nasional Indonesia atau Akademi TNI , berupa kegiatan integrasi para Taruna dan Taruna dari tiga matra yang ada di Tentara Nasional Indonesia, yaitu Akademi Militer (Akmil) yang terletak di Magelang, Akademi Angkatan Laut (AAL) di Surabaya ,dan Akademi Angkatan Udara (AAU) di Yogyakarta.

Dalam pelaksanaan BEB tahun ini sedikit berbeda, karena para Taruna dan Taruna Akademi TNI dapat mengenal tentang TNI AL dengan langsung onboard di kapal perang.

Sebelum kapal berlayar di perairan Tanjung Mas Semarang, lebih dulu digelar apel kelengkapan Satgas BEB yang dipimpin oleh Komandan KRI Sby-591 Letkol Laut (P) Handoyo. Dilanjutkan dengan acara penyambutan Wadanjen Akademi TNI, Brigjen TNI Kukuh Surya didampingi Komandan Satgas BEB yang juga Komandan KRI I Gusti Ngurah Rai-332, Kolonel Laut (P) Sumarji Bimoaji.

Usai penaikan Bendera yang dilanjutkan dengan peran persiapan kapal berlayar dan bertempur ,seluruh Taruna yang Onboard di KRI Surabaya berkumpul di atas geladak kapal untuk mendapatkan pengarahan dari Dansatgas BEB, juga para pembina serta Perwira KRI.

“Saya berharap apa yang disampaikan dalam pembekalan ini dicermati, dipahami dan diikuti dengan seksama. Pergunakan kesempatan emas ini dengan sebaik-baiknya, karena kegiatan Bhinneka Eka Bhakti merupakan bekal yang sangat berharga bagi Taruna sebagai proses pembelajaran untuk melanjutkan Pendidikan dan tugas di masa mendatang, ” tegas Kolonel Bimoaji kepada seluruh Taruna peserta BEB.

Berbagai macam demonstrasi dan latihan peran pun mulai ditampilkan Satgas BEB satu per satu kepada para Taruna. Diawali dengan Fashion Show para perwira KRI yang memperagakan berbagai seragam dinas TNI AL. Dilanjutkan demo Tim VBSS dengan simulasi pembebasan sandera yang di perankan oleh Tim Kopaska Koarmada II , dan anggota KRI Surabaya di dukung dengan Heli Bell 412. Tidak ketinggalan peran evakuasi Medis oleh Tim Diskes Koarmada II ikut ambil bagian dalam demo tersebut.

Yang tak kalah menarik juga yaitu pameran Alutsista kendaraan tempur Pasukan Khusus TNI AL yang ditampilkan kepada para Taruna bertempat di Tank Deck KRI Surabaya. Selanjutnya memasuki acara terakhir yaitu para Taruna diberi kesempatan melihat latihan Replenishment at Sea (RAS) atau pembekalan di laut. Dan di akhir kegiatan dilaksanakan latihan peran bahaya udara oleh KRI GNR- 332 dengan menembakkan Decoy Louncher, dan penembakan Ciws Milenium Gun 35 mm. Sedangkan KRI Surabaya-591 menembakkan Meriam 20 mm.

Sewaktu perjalanan kembali menuju ke Dermaga Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Tim Penerbang Skuadron 200 Puspenerbal TNI AL unjuk kebolehan dengan menampilkan atraksi Fly pass pesawat Bonanza saat melewati konvoi KRI.

Di penghujung kegiatan BEB Akademi TNI tahun 2022 di KRI Surabaya-951 dilaksanakan pertukaran plakat dari Komandan Satgas BEB kepada Wadanjen Akademi TNI, begitupun sebaliknya.

Fram
Editor : Ndre
Sumber : Pen2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.