Cegah Demam Berdarah di Masa Pandemi Covid-19, Yonif Raider 514 Kostrad Laksanakan Fogging

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Tingginya curah hujan yang turun pada beberapa hari terakhir di Kab. Bondowoso mendorong Yonif Raider 514 Kostrad untuk melaksanakan pengasapan (Fogging) guna mencegah Demam Berdarah di lingkungan Asrama Yonif Raider 514 Kostrad Kab. Bondowoso, Prov. Jawa Timur. Selasa (25/1/2022).

Bersinergi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso dan Puskesmas Kecamatan Curahdami, Personel Kesehatan Yonif R 514 Kostrad menyisir setiap titik yang ada di asrama mulai dari perkantoran, perumahan maupun sarana fasilitas penunjang seperti sarana tempat ibadah dan sarana olahraga yang disinyalir menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk penyebar penyakit Demam Berdarah Dengue (Aedes Aegypti).

Danyonif R 514 Kostrad, Letkol Inf Sumardi, S.E., M. Si., dalam rilis tertulisnya menjelaskan bahwa upaya kegiatan fogging ini diharapkan dapat tercipta lingkungan yang bersih dan sehat baik di dalam maupun luar asrama mengingat kondisi cuaca di Kab. Bondowoso yang cenderung ekstrim, dimana curah hujan yang tinggi akan meningkatkan media untuk perkembangbiakan nyamuk.

“Kegiatan fogging ini merupakan tindakan preventif dalam upaya pemberantasan sarang nyamuk yang merupakan vektor berbagai macam penyakit, salah satunya Demam Berdarah Dengue (DBD) sehingga rantai penularan penyakit bisa diputuskan.” Terang Danyonif R 514/SY/9/2 Kostrad.

Sementara itu, Letda Ckm Hasan Tindar selaku Dokter Batalyon menghimbau kepada semua prajurit dan keluarga, agar dapat selalu menjaga kebersihan lingkungan melalui gerakan 3M, yaitu menutup tempat penampungan air, menguras bak mandi dan mengubur barang bekas secara rutin untuk memberantas jentik-jentik nyamuk dan menghindari gigitan nyamuk Demam Berdarah Dengue.

Alex
Editor : Ndre
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.