Dua Pansus DPRD Ogan Ilir Sampaikan Laporan

Spread the love

Jurnalline.com, Ogan Ilir (Sumsel) – Rapat Paripurna DPRD Ogan Ilir tentang Penyampaian Laporan Pansus dan pengambilan persetujuan terhadap Raperda atas usul Pemerintah Ogan Ilir serta pendapat akhir Bupati,Senin (31/1).

Rapat dipimpin Ketua DPRD Soeharto HS, didampingi Wakil Ketua Ahmad Syafe’I,S.Sos.,M.Si yang dihadiri Bupati Panca Wijaya Akbar, Ketua Badan Kehormatan, Ketua Bapemperda, Ketua Komisi komisi serta anggota DPRD lainya, para OPD.

Penyampaian Pansus I dibacakan Amir Hmzah,SH bahwa Pansus I melakukan pemetaan permasalahan lingkungan pada setiap segmen yang terkait langsung dengan pengelolaan lingkungan, sekaligus kunjungan lapangan menginventarisir berbagai persaoalan yang mencuat dipicu oleh pengelolaan lingkungan baik yang dilakukan masyarakat maupun pelaku usaha di Ogan Ilir.

Namun, setelah pansus I melakukan pembahasan dengan stakeholder terkait, ternyata Raperda yang akan dibahas sangatlah kompleks dan menyeluruh hingga waktu 2 (dua) hari dijadwalkan oleh Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Ogan Ilir dirasakan masih belum cukup.

Pansus II dibacakan Basri M.Zahri,S.pd.,M.Si bahwa
dari pokok-pokok substansi yang berkaitan dengan perihal menimbang, mengingat serta memutuskan, bahwa hal tersebut sudah sesuai dengan ketentuan dengan aturan pertauran perundang-undangan yang lebih tinggi diatasnya.

Mulai dari pokok-pokok yang berkaitan dengan pasal-pasal yang berhubungan dengan Bab I ketentuan umum yang isinya tentang istilah dan keterangan dari Raperda ini pada prinsipnya sudah sesuai satu dengan yang lain serta sudah dijelaskan pada point perpoint dengan lengkap dan sistematis.

Bab Kedua tentang pengelolaan Keuangan daerah, maka kami bersama mitra DPRD Ogan Ilir sepakat bahwa pasal demi pasal yang berhubungan antara bagian satu sampai dengan bagian terakhir yang isinya telah diatur secara mutatis dan mutandis sebagaimana konsideran yang telah ditata rapi sesuai dengan isi dan redaksional yang jelas sesuai dengan rujukan dan aturan main yang disesuaikan dengan aturan dan perundangan diatasnya.

Usai penyampaian kedua Pansus dilanjutkan dengan penandatanganan persetujuan dimana pimpinan rapat diambil alih oleh Wakil ketua Ahmad Syafe’i.Sos.,M.Si.

Sebelum paripurna ditutup, ketua DPRD Soeharto HS menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Ketua dan para anggota panitia khusus dewan, maupun kepada kepala perangkat daerah dan instansi teknis terkait beserta jajarannya, atas dukungan dan saling pengertian yang telah diberikan, hingga terlaksananya pembahasan dalam rapat-rapat panitia khusus dewan tersebut dengan baik dan lancar.

Penulis : Sy
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE