Gubernur OD Hadiri Upacara Adat Tulude 2022 Nusa Utara

Spread the love

Jurnalline.com, Manado – Kepemimpinan adalah Teladan, ternyata bukan hanya sebatas slogan, tapi ikut mewarnai tugas kerja Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw (Olly-Steven) dalam setiap momentum, terlebih saat keduanya melebur bersama di Upacara Adat Tulude, milik warga Nusa Utara.

Tulude Nusa Utara adalah merupakan acara adat atau tradisi tahunan yang diwariskan oleh para leluhur masyarakat “Nusa Utara” Sangihe, Talaud dan Sitaro.

“Kearifan Lokal harus diakui milik setiap warga tanpa melihat latar politik, Karena kearifan lokal merupakan kekayaan yang paling hakiki menembus batas-batas dalam tatanan sosial kehidupan masyarakat.”

Ucapan syukur pemerintah dan masyarakat yang atas penyertaan Tuhan selama tahun 2021 dan memohon penyertaan keberkatan di tahun 2022 itu dipusatkan di Kelurahan Paseng pada Minggu (30/1/2022) setiap tahunnya digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan di akhir bulan Januari seperti tahun 2022 ini, berlangsung di Sitaro dihadiri langsung Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey bersama Wakil Gubernur Steven Kandouw.

“Gubernur Olly bangga berada di tengah-tengah masyarakat Sitaro yang punya adat istiadat dan budaya beradab. Ini harus dikembangkan.”.

Meski berlangsung penuh kesederhanaan namun suasana semarak dan kekeluargaan sangat terlihat dari setiap prosesi yang dilaksanakan, Gubernur Olly menyerukan imbauan kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga dan merawat serta tidak terpengaruh dengan hadirnya budaya asing serta modernisasi.

Indonesia khususnya Kabupaten Sitaro memiliki adat-isitiadat dan budaya yang jauh lebih hebat serta eksotis, sehingga layak untuk dikembangkan Tulude 2022 menjadi harapan dan penuh keberkatan.
“Janganlah terpana dengan gaya dari luar. Karena kita punya budaya beradab yang harus kita rawat dan dipertahankan,” tukas Gubernur

Saat berada di tengah komunitas masyarakat di Kepulauan Sitaro, Gubernur Olly mengaku sangat bangga. Di mana masyarakat memiliki ketulusan untuk menjaga warisan dan nilai-nilai leluhur.

“Bahwasannya segala tuntunan dan penyertaan Tuhan itu harus disyukuri. Hal ini harus disadari dengan cara konstruktif serta bernilai positif, merupakan sukacita melimpah ketika dapat bersama-sama menggelar adat Tulude tahun 2022 untuk memohon berkat dari Tuhan di sepanjang tahun ini dapat dilaksanakan dengan baik, karena kehebatan Ibu Bupati Evangelian Sasingen yang dengan cepat mempersiapkan semuanya,” tandas Olly disambut apresiasi dari masyarakat yang hadir.

Penulis : IskandarEffendy
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE