Optimalkan Kinerja Organisasi, Inspektorat Kolinlamil Audit Kinerja Satker

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Taklimat awal audit kinerja sektoral Inspektorat Komando Lintas Laut Militer ke Satuan kerja Staf Intelijen dan Staf Potensi Maritim Kolinlamil dipimpin langsung oleh Inspektur Kolinlamil Kolonel Laut (S) Hardiko di Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis (10/2). Hadir dalam kegiatan tersebut Tim Auditor Inspektorat Kolinlamil, Asintel Pangkolinlamil dan Aspotmar Kolinlamil.

Audit kinerja sektoral ini dilaksanakan mulai tanggal 10 hingga 23 Februari 2022 dengan sasaran dan ruang lingkup audit program kerja dan anggaran tahun anggaran 2021 yang meliputi bidang operasi dan latihan (Opslat), umum dan perbendaharaan. Meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir, kegiatan audit yang sudah diagendakan dalam program kerja pengawasan tahunan (PKPT) tahun 2022 harus tetap berjalan. Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan varian barunya, kegiatan audit kinerja di awal tahun ini dilaksanakan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Pada saat taklimat awal Irkolinlamil mengatakan bahwa Inspektorat Kolinlamil selaku Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) diberikan kewenangan untuk melaksanakan kegiatan pengawasan melalui proses audit, review, evaluasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lainnya terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi di satker jajaran Kolinlamil. Terkait dengan terlaksananya kegiatan sesuai dengan aspek efisiensi, efektivitas dan ekonomis (3E) serta ketaatan dan kepatuhan (2K) terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kita berharap dalam pelaksanaan audit kinerja ini dapat terjalin kerjasama, kemitraan, keterbukaan dan komunikasi bersifat dialogis, sehingga dapat diperoleh informasi masukan yang obyektif dan rekomendasi tepat guna peningkatan kinerja Sintel dan Spotmar Kolinlamil.” ungkap Inspektorat Kolinlamil.

Inspektur Kolinlamil juga menekankan kepada kedua satker untuk bekerjasama dengan tim auditor dan menindaklanjuti perbaikan-perbaikan atas apa yang menjadi temuan dari auditor agar tercipta organisasi Kolinlamil yang lebih baik dan sehat. Jika masih ditemukan adanya kekurangan dokumen, diharapkan satker yang menjadi obyek audit segera untuk memperbaiki dan melengkapi guna meningkatkan pembinaan organisasi Kolinlamil dan jajarannya.

“Saya sangat berharap dalam audit kinerja ini tidak ditemukan adanya penyimpangan dalam proses penggunaan anggaran ataupun temuan yang sebelumnya pernah diangkat. Dan semoga hasilnya lebih meningkat dari audit kinerja sebelumnya.” tandas Kolonel Hardiko.

Fram
Editor : Ndre
Sumber : Dispen Kolinlamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.