Yonif Raider 509 Kostrad Laksanakan Kegiatan Posbindu PTM Kepada Prajurit dan Keluarga

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Prajurit beserta keluarga Yonif Raider 509 Kostrad melaksanakan kegiatan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) yang bertempat di Kantor Posbindu PTM Mayonif Raider 509 Kostrad, Sumber Sari, Jember. Sabtu (19/02/2022).

Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) merupakan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin dan periodik.

Tujuan Posbindu PTM adalah meningkatkan peran serta prajurit beserta keluarga dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Melalui Posbindu PTM ini, dapat segeranya dilakukan pencegahan faktor risiko PTM sehingga kejadian PTM di masyarakat khususnya di lingkungan asrama dapat ditekan.

Dokter Batalyon Letda Ckm dr. Abdurrahman menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan sistem lima meja yang terdiri dari Meja 1 Pelayanan registrasi dan administrasi, Meja 2 Wawancara faktor risiko PTM, Meja 3 Pengukuran Berat Badan, Tinggi Badan, IMT, lingkar perut, Meja 4 Pemeriksaan, yaitu kegiatan memeriksa tekanan darah, kadar glukosa darah, kadar kolesterol, kadar trigliserida darah, pemeriksaan klinis payudara dan fungsi paru sederhana dan Meja 5 Konseling serta Edukasi.

Ibu Lika Hulisda Melala selaku Ketua Cabang XXII Koorcab Divif 2 PG Kostrad Yonif Raider 509 Kostrad menyampaikan bahwa Peningkatan prevalensi penyakit tidak menular telah menjadi ancaman yang serius, khususnya dalam perkembangan kesehatan di lingkungan TNI sehingga kegiatan ini merupakan hal baik, positif untuk keluarga prajurit.

Salah satu strategi yang dikembangkan Pemerintah yaitu mengembangkan model Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) berbasis masyarakat melalui Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) PTM. Tambah Danyonif Raider 509 Kostrad.

Alex
Editor : Ndre
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.