BDM Cakra Yonkav 1 Kostrad Meriahkan Kejurnas Kasad CUP XIII

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Atraksi Beladiri Militer (BDM) Cakra yang dilakukan prajurit Batalyon Kavaleri (Yonkav) 1 Kostrad memukau para atlet, official dan tamu undangan yang hadir dalam acara pembukaan Kejurnas Judo Cadet, Junior, Senior dan Kata Kasad CUP XIII Tahun 2022 yang dilaksanakan di GOR Kartika Divif 1 Kostrad, Cilodong, Depok. Jum’at (25/3/2022).

Komandan Batalyon Kavaleri 1 Kostrad Letnan Kolonel Kav I.F. Andi Yusuf Kertanegara mengatakan bahwa Bela Diri Militer (BDM) Cakra ini merupakan campuran dari beragam bela diri yang berasal dari IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) yang diadopsi menjadi olah raga resmi militer di jajaran Satuan Kostrad.

“Untuk atraksi ini, para prajurit meragakan Rangkaian Gerakan Perorangan (RGP) 1 dan Rangkain Gerakan Perorangan 2 serta gerakan menggunakan senjata yakni Double Stick,” ucap Letkol Kav Andi.

“Yonkav 1 Kostrad sebagai satuan strategis TNI AD yang mempunyai tugas khusus, harus memiliki ciri dan identitas sendiri yang akan menjadi karakter dan kebanggaan bagi prajuritnya. Salah satunya adalah kemampuan Bela Diri Militer Cakra yang merupakan ilmu beladiri praktis yang diambil dari warisan budaya bangsa Indonesia, yaitu Pencak Silat,” tutup Danyonkav 1 Kostrad.

Alex
Editor : Ndre
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.