Pawai Ogoh- Ogoh Di Gelar di Pura Cakra Buana Kariango Brigif Para Raider 3 Kostrad

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Ratusan umat Hindu di Kota Daeng menggelar Upacara Tawur Agung Kesanga dan pawai ogoh-ogoh di Pura Agung Cakra Bhuana Brigif Para Raider 3 Kostrad, Maros, Sulawesi Selatan (2/3/2022).

Ogoh-ogoh merupakan karya seni patung manusia dengan wajah yang menyeramkan. Wajah patung tersebut merupakan simbol dari sifat-sifat buruk manusia, yang kemudian ogoh-ogoh tersebut di arak keliling desa sebagai simbolis untuk mengusir sifat- sifat buruk di dunia. Usai diadakan dipawai, Ogoh-ogoh tersebut akan dibakar sebagai tanda penyucian diri.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Raya Nyepi 1944 Saka dan diikuti kurang lebih 200-an umat Hindu Se-Makassar. Pawai ogoh-ogoh dimulai pukul 14.30 WITA dengan rute dari Pura Agung Cakra Buana mengelilingi kompleks Asmil Kostrad Kariango.

Sabha Walaka Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Sulawesi Selatan Bapak I Nyoman Sumarya mengatakan, bahwa ada serangkaian kegiatan sebelum Hari Raya Nyepi dilaksanakan prosesi Melasti (Melis), Upacara Tawur Agung dan Pawai ogoh ogoh yang dilaksanakan sebelum Hari Rara Nyepi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Pura Agung Cakra Bhuana disampaikan oleh Danbrigif PR 3 Kostrad Kol Inf Fadli Mulyono adalah suatu Kebhinekaan Adat Istiadat yang patut di jaga agar dalam kesehariannya Prajurit dan Warga Brigif PR 3 Kostrad selalu hidup rukun, harmonis, dan saling menjaga satu sama lain.

Alex
Editor : Dre
Sumber ; Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.