Satlat Prajalasesya Taruna AAL Tingkat I Tinggalkan Makassar

Spread the love

Jurnalline.com, AAL, Surabaya – Setelah 2 hari sandar di dermaga Soekarno – Hatta, Makassar, sejumlah 187 Taruna AAL Tingkat I Angkatan ke-70 beserta Staflat yang tergabung dalam Satuan Latihan (Satlat) Prajalasesya tahun 2022 yang onboard di KRI Dewaruci dan KRI Surabaya – 591 bertolak menuju Surabaya, Selasa (29/3).

Menurut Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Lattek Prajalasesya 2022 Letkol Laut (P) Wisnu Priyangga sesuai jadwal pelayaran ini akan menempuh jarak sekitar 457 NM (Nautical Mile) dan diperkirakan akan tiba di pangkalan Surabaya, pada Jumat, 1 April 2022 mendatang.

Ia menuturkan sehari sebelumnya pada 28 Maret, para Taruna AAL Tingkat I beserta perwira Satlat Prajalasesya melaksanakan Courtesy Call (CC) ke Forkopimda Makassar

Pelaksanaan courtesy call dibagi menjadi 3 kelompok, Kelompok 1 melaksanakan CC ke Kapolda Sulawesi Tengah dan diterima oleh Wakapolda Sulteng Brigjen Pol CH. Patoppoi beserta staf dilanjutkan CC ke Koopsud II Makassar diterima oleh Kaskoopsud II Marsma TNI Djhon Amarul, sedangkan Kelompok 2 CC ke Walikota Makassar diterima oleh Staf Ahli Walikota Bidang Hukum Pemerintahan dan Politik Bapak Drs. A. Irwan Bangsawan dan ke Danlantamal VI Makassar diterima oleh Asintel Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Edo Bramesta.

Sementara itu Kelompok 3 CC ke kantor Gubernur Sulsel diterima oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan rakyat Bapak Drs. H. A. Aslam Pantonangi dilanjutkan CC ke Kodam XIV Hasanuddin diterima oleh Irdam XIV/HSN Brigjen TNI Dwi Endro.

Pada setiap kunjungan tersebut Forkopimda Makassar menerima para Taruna Tingkat I Angkatan ke-70 dengan senang hati dan bangga karena pemuda dan pemudi terbaik bangsa sudah berkunjung di Kota Makassar – Sulsel dengan harapan bisa menginspirasi dan memotivasi para pemuda dan pemudi kota Makassar untuk bisa bergabung dengan TNI Angkatan Laut khususnya menjadi Taruna Akademi Angkatan Laut.

Palaklat Letkol Wisnu mengatakan bahwa tujuan melaksanakan Courtesy Call (kunjungan kerja) ke Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Makassar ini adalah untuk menjalin silahturahmi serta menyampaikan ucapan terima kasih dikarenakan Lattek Prayalasesya Taruna AAL tahun 2022 diterima dengan hangat di kota Makassar baik oleh pemerintah daerah maupun masyarakat Makassar.

Disamping itu lanjut Palaklat, kunjungan ini juga untuk memberikan pembelajaran kepada para Taruna AAL Tingkat I sebagai calon-calon Pemimpin TNI/TNI AL masa depan tentang pentingnya menjalin hubungan kerja dengan Forkopimda dimanapun kita bertugas dimasa yang akan datang, juga untuk mengenalkan tentang adat istiadat serta budaya di daerah yang disinggahi.

Sebelum memulai pelayaran menuju rute selanjutnya, pada Selasa pagi tanggal 29 Maret, Taruna Tingkat I berkesempatan menyaksikan demontrasi Pendaratan Raid Amphibi oleh prajurit Yonmarhanlan Lantamal VI Makassar.

Saat menjelang fajar nampak dari kejauhan terlihat 5 Perahu Karet disimulasikan meluncur dari KRI Surabaya-591 menuju Pantai Pendaratan membetuk formasi bershaf untuk melaksanakan pendaratan secara sunyi senyap dan pada akhirnya sasaran musuh dapat dihancurkan dengan cepat dan penuh kerahasian.

Terlihat para Taruna sangat bangga dan antusias menyaksikan demonstrasi dari para Prajurit petarung Yonmarhanlan Lantamal VI Makassar ini.

Selanjutnya pada pukul 16. 00 waktu setempat terdengar suara preyen dari anjungan kapal “Peran kapal berlayar dan bertempur” dengan cepat dan sigap para Taruna AAL dan para awak buah kapal (ABK) menempati pos tempurnya masing masing serta melaksanakan Peran Parade dengan tujuan untuk memberikan penghormatan sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada Forkopimda serta masyarakat Makassar – Sulsel

Tampak hadir melepas keberangkatan Satlat Prajalasesya tahun 2022 Asintel Danlantamal VI, Para Pejabat Utama Lantamal VI, Anggota Lantamal VI, Anggota Yonmarhanlan Lantamal VI Makasar, Ibu ibu Jalasenastri Lantamal VI, siswa siswi Sekolah Ilmu Pelayaran dan pelajar Saka Bahari binaan Lantamal VI Makasar.

Fram/Rls

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.