Tiba Di Timika Papua, KRI Banjarmasin-592 Debarkasi 2 Batalyon Infantri Raider

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – KRI Banjarmasin-592 tiba di Dermaga Freeport Timika, Papua, Jumat (17/3) dan langsung debarkasi 850 personel TNI AD dari Batalyon Infanteri Raider 113/Jaya Sakti dan Batalyon Infanteri Raider 301/Prabu Kian Santang yang siap bertugas sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Puncak Jaya.

Kapal perang jenis Landing Platform Dock yang mampu mengangkut 1500 prajurit tersebut mengangkut seluruh perlengkapan personel, persenjataan, hingga kendaraan taktis yang akan digunakan Satgas Pamtas pada saat bertugas di perbatasan Papua dan Papua New Guinea.

Komandan KRI Banjarmasin-592 Letkol Laut (P) Bambang Purnomo menjelaskan, debarkasi prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Puncak Jaya dilakukan dengan mematuhi standar protokol kesehatan Covid-19 mulai dari pengecekan suhu badan, penyemprotan cairan disinfektan terhadap barang-barang bawaan para personel Satgas Pamtas RI-PNG hingga swab antigen bagi seluruh prajurit Satgas Pamtas.

“Selama lintas laut, mulai dari pangkalan Jakarta singgah di Makassar, Ambon hingga tiba di Timika Papua semua berjalan dengan aman dan lancar. Cuaca cukup bersahabat sehingga selama pelayaran dapat dilaksanakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan profesionalisme dan moril prajurit.” jelas Letkol Bambang Purnomo.

Lebih lanjut lanjut Komandan KRI Banjarmasin-592 menyampaikan bahwa selama pelayaran, hubungan antar prajurit dari 3 satuan yang berbeda yaitu prajurit KRI, prajurit Yonif Raider 113/Jaya Sakti dan prajurit Yonif Raider 301/Prabu Kian Santang terjalin sangat baik sehingga menumbuhkan hubungan emosional yang membawa kekompakan dan soliditas antar satuan. Hal tersebut sejalan dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono bahwa prajurit TNI AL harus mampu membangun soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan.

Sementara itu, ditemui di sela-sela kegiatan lomba menembak, Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S Aldedharma mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwasanya KRI Banjarmasin-592 yang melaksanakan dukungan angkutan laut militer Satgas Pamtas RI-PNG Puncak Jaya telah tiba dengan selamat di Timika Papua serta seluruh personel dan materiil Satgas Pamtas sudah didebarkasi.

“Sudah saya instruksikan kepada Komandan KRI Banjarmasin-592 untuk menyiapkan kembali kondisi teknis KRI dan moril personel pengawaknya guna menerima perintah lebih lanjut.” ungkap Panglima Kolinlamil.

Fram
Editor : Ndre
Sumber : Dispen Kolinlamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.