Cek Keselamatan Berlayar, Kapolda Banten Tinjau KMP Portlink 3

Spread the love

Jurnalline.com, Cilegon (Banten) – Dalam rangka meninjau pelaksanaan pengamanan jalur arus mudik, Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto bersama Wakapolda Banten Brigjen Pol Drs. Ery Nursatari meninjau langsung Kapal Motor Penumpang (KMP) Portlink 3 di Dermaga 6 Eksekutif Pelabuhan Penyeberangan Merak pada Kamis (28/04).

Dalam kegiatan ini Kapolda mengecek persiapan kapal mulai dari sekoci hingga baju pelampung. Kapolda beserta rombongan juga meninjau langsung pelayanan vaksinasi booster yang diselenggarakan oleh Siedokkes Polres Cilegon.

Dalam keterangannya pasca meninjau KMP Portlink 3, Kapolda Banten mengatakan jika Polda Banten terus berupaya agar arus lalu lintas dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni bisa lebih lancar.

“Situasi sekarang masih bisa kita kendalikan walaupun masih ada antrian. Tetapi yang penting masyarakat harus tau bahwa kita sudah melakukan upaya-upaya agar arus lalu lintas orang dan barang dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni bisa lebih lancar,” ungkap Rudy.

Rudy menjelaskan jika ada beberapa kendala yang menyebabkan penumpukan kendaraan tetapi sudah dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait. “Memang kendalanya di Pelabuhan Merak kantong parkir sedikit sehingga kita berlakukan buka tutup kendaraan di Cikuasa Atas. Kami juga sudah berkoordinasi dengan ASDP Merak dengan meminta penambahan kapal yang tadinya 34 kapal sekarang menjadi 40 kapal yang beroperasi,” kata Rudy.

“Kami juga sudah berkoordinasi ke Pelabuhan Bakauheni dengan meminta agar khusus dermaga 4 dan 5 di Pelabuhan Bakauheni khusus pembongkaran saja tidak ada pemuatan. Sehingga bisa langsung mempercepat perjalanan kapal menuju ke Pelabuhan Merak untuk melakukan pemuatan, maka dengan cara seperti itu kita bisa melakukan ritme dan kedatangan kapal semakin sering. Dengan begitu maka penumpukan kendaraan di kantong parkir bisa cepat diurai,” tambah Rudy.

Selanjutnya Rudy mengungkapkan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak ASDP Merak terkait dengan surat perintah berlayar agar cepat dikeluarkan.

“Pola operasi di Pelabuhan Merak kami sudah koordinasi dengan KSOP supaya surat perintah berlayar segera cepat dikeluarkan. Kami sudah meminta kepada KSOP agar menjemput bola dengan berada di tiap-tiap kapal untuk bisa melegitimasi supaya kapal bisa cepat berlayar,” ujarnya.

Kemudian untuk memperlancar arus mudik di Pelabuhan Merak, Rudy mengatakan jika sudah berkoordinasi dengan Pelabuhan Indah Kiat yang akan digunakan khusus untuk mengangkut kendaraan logistik.

“Sedang kami uji coba hari ini, jika memungkinkan kendaraan logistik akan kita dorong ke Pelabuhan Indah Kiat untuk langsung diseberangkan ke Bakauheni dan ini berlaku juga tiket Ferizy,”jelas Rudy.

Terakhir, Rudy menghimbau kepada para pemudik untuk tetap bersabar dan mengikuti arahan dari petugas. “Kepada para pemudik untuk tetap bersabar dan selalu mengikuti arahan petugas yang melakukan pengaturan lalu lintas,” tutup Rudy.

Jon. (Bidhumas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.