Kostrad Gelar Peringatan Hari Raya Paskah di Gereja Oikumene Mahanaim Cilodong

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Dalam rangka meningkatkan dan mendekatkan memaknai Kebangkitan Yesus Kristus, Prajurit dan PNS Markas Kostrad yang beragama Katolik merayakan Hari Raya Paskah, bertempat di Gereja Oikumene Mahanaim Cilodong, Jumat (22/04/2022).

Perayaan Paskah 2022 ini mengambil tema: Spiritualitas Paskah Mewujudkan Indonesia Damai adalah hari kemenangan iman umat Kristiani di seluruh dunia atas karya penyelamatan Allah lewat Yesus Kristus yang menebus dosa manusia. Peristiwanya ditandai dengan penderitaan Yesus Kristus sampai mati di salib, tapi kemudian bangkit pada hari ke tiga, bahwa Yesus telah menang atas kuasa maut dikumandangkan. Dosa dan iblis tidak lagi merajai karena sengat maut telah dipatahkan. Ternyata kemenangan ini justru diraih dengan pengorbanan, bahwa Allah telah mengambil rupa seorang hamba menderita sengsara bahkan sampai mati di salib.

Bagi umat Kristiani, merayakan Paskah sama artinya dengan merayakan hidup baru dalam Kristus, karena dengan kebangkitan Yesus Kristus, manusia diselamatkan dan memperoleh kehidupan yang baru.

Kotbah/homili disampaikan dengan penuh semangat oleh Romo Kolonel Sus Yos M M Bintoro.S.Fil., M.Sc., Pr. Pastor yang menjadi Kabidbintalid Pusbintal TNI yang juga Wakil Uskup Umat Katolik TNI dan Polri menjelaskan jika Paskah adalah jalan damai oleh Allah demi merangkul dan merengkuh kembali manusia yang telah kehilangan kemanusiannya.

Makna spiritualitas Paskah mendorong setiap Prajurit Cakra meneladani nilai-nilai kasih, dengan cara lembut tanpa kehilangan ketegasan, tanggon dan trengginas serta mampu mengaktualisasikan perintah kasih di dalam kehidupan dinas prajurit.

“Yesus mau berkurban karena kasihnya kepada kita. Umat Kristiani meresponnya dengan mengedepankan serta menerapkan nilai-nilai ketaatan dan loyalitas, ketulusan dalam melayaniNya serta sesama di lingkungan sekitar. Itulah tanda pengurbanan kita yaitu mengalahkan sikap ego serta merubuhkan tembok-tembok keakuan yang mementingkan diri maupun kelompok.

Spiritualitas damai adalah kekuatan kasih untuk menghadirkan kedamaian di Negara Republik Indonesia di tengah kondisi menurunnya nilai-nilai persaudaraan, toleransi karena keengganan orang atau kelompok untuk berkurban, peduli dan berbagi sebagaimana jalan yang Tuhan Yesus teladankan dan ajarkan.

Selanjutnya kekuatan Ekaristi yang menjadi puncak dan sumber iman Katolik terasa meneguhkan, teristimewa setelah hampir dua tahun kegiatan beribadat sangat terbatas akibat Pandemi Covid-19. Antusiasme personel Katolik sangat terasa dengan tingkat kehadiran lebih kurang 95 personel mengikuti ibadat tersebut.

Demikian intisari dari renungan dan kegiatan Perayaan Ekaristi Paskah Bersama umat Katolik Kostrad yang dapat disampaikan.

Alex
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.