60 Persen Pemasangan U-Ditch Oleh Satgas TMMD Kodim Bekasi Dipastikan Sesuai Presisi

Spread the love

Jurnalline.com, Kodam Jaya, Kota Bekasi – Hari ketujuh pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 tahun 2022, di wilayah Kodim 0507/Bekasi, Korem 051/Wijayakarta, Kodam Jaya/Jayakarta. Satgas TMMD yang mengerjakan pembuatan drainase terus dilakukan.

Sejak dibuka kegiatan TMMD, para personil Satgas terus melakukan pemasangan U-Ditch yang berfungsi sebagai struktur dasar saluran air di RT 01, RW 01, Kelurahan Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi.

“Alhamdulillah, di hari ketujuh ini kita sudah mencapai sekitar 60 persen pemasangan U-Ditch pembuatan drainase dengan perkiraan sepanjang 600 meter yang terpasang. Hal ini berkat kerja keras Satgas TMMD,” kata Pasiter Kodim 0507/Bekasi Mayor Inf Widiarto,SM.

Lebih jauh Widiarto menerangkan, kunci kecepatan dari pemasangan U-Ditch adalah presisi sejak pemasangan awal, diikuti dengan pemasangan berikutnya. Jika tidak presisi, akan ada celah antar U-Ditch.

“Kalau ada celah, itu nantinya jadi masalah. Bisa ada pengendapan sampah, kalau salurannya sudah dipakai. Juga akan ada genangan air antara tanah dengan U-Ditch. Nah, genangan ini bisa merusak beton U-Ditch, jadi umur pemakaian drainasenya berkurang,” terang Widiarto.

Ia menambahkan, pemasangan ini dimulai dari tahapan penggalian area drainase. Dengan Lebar dan kedalaman galian harus sesuai dengan ukuran U-Ditch.

“Saat pemasangan, pertemuan antar beton harus tersambung rapat. Kalau kepanjangan saluran trasenya, bisa dibagai jadi beberapa titik sesuai acuan dasar elevasi, agar sesuai perencanaan,” paparnya.

Terakhir, usai pemasangan, tambahnya, harus segera dilakukan pengurukan sisi kanan-kiri saluran air, agar U-Ditch tidak bergeser.

Fram
Sumber : Kodim 0507/Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.