PANGKOLINLAMIL IKUTI RAPAT PEMBAHASAN PRA RENAKU PENYELARASAN RKA-KL TNI AL TA.2023

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S. Aldedharma mengikuti rapat pra Perencanaan Anggaran dan Keuangan terkait penyelarasan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga Unit Organisasi TNI AL tahun anggaran 2023 melalui video conference di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kegiatan rapat yang diselenggarakan selama 4 hari dan ditutup pada hari ini, Rabu (25/5) dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono dari Gedung Neptunus, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur.

Wakasal menyampaikan bahwa kegiatan penyelarasan RKA-KL tahun 2023 ini merupakan salah satu tahapan dari mekanisme perencanaan anggaran dalam penyusunan RKA UO TNI AL tahun anggaran 2023. Meskipun situasinya semakin membaik, pelaksanaan penyelarasan RKA tahun ini masih dalam situasi perjuangan bersama untuk menangani pandemi Covid-19.

Beberapa penekanan yang disampaikan dalam kegiatan rapat tersebut diantaranya adalah perencanaan RKA-KL TA 2023 agar lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran sesuai prioritas. Alokasi anggaran agar lebih difokuskan pada menjaga kesiapan operasional Alutsista TNI AL. Rencana kegiatan harus dibuat dengan baik belanja operasional maupun non operasional untuk menghindari duplikasi kegiatan. Dalam penyusunan usulan kegiatan agar disusun berdasarkan urutan prioritas dan direncanakan dengan baik. Dan hal yang tidak bisa dikesampingkan adalah melaksanakan exercise kembali terhadap Pagu indikatif tahun anggaran 2023 dalam mendukung pencapaian sasaran pembangunan nasional sesuai tugas pokok dan fungsi TNI AL.

Sesuai dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam bidang perencanaan dan anggaran agar program dan kegiatan prioritas dalam tahun anggaran khususnya bidang pengembangan kekuatan sesuai dengan visi dan misi TNI AL agar disusun dengan cermat dan masuk akal agar penggunaan setiap anggaran yang telah dialokasikan tepat sasaran serta dapat dipertanggungjawabkan atau akuntabel.

Fram
Sumber : Dispen Kolinlamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.