Puncak Perayaan PASKAH Nasional Sulut Sukses Dipadati Ribuan Undangan

Spread the love

Jurnalline.com, MANADO – Puncak perayaan Paskah Nasional 2022 di Melonguane, Ibukota Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara, pada Selasa (17/5/2022), berlangsung aman dan lancar. Ribuan tamu dan undangan mengikuti kegiatan ini.

Mengawali acara, Ketua Panitia Paskah Nasional 2022, Jan Maringka SH dalam laporannya menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Presiden Joko Widodo yang diwakili Menteri Hukum dan HAM, Yosana H. Laoly.

Dijelaskan Maringka, perayaan dihadiri Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Yasonna H Laoly mewakili Presiden RI, Perwakilan dari Kementerian Agama, pimpinan Delapan Aras Gereja, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey beserta Forkopimda Provinsi Sulawesi Utara, Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut beserta Forkopimda Kepulauan Talaud, dan pimpinan wilayah PGI serta pimpinan Gereja-Gereja.

“Kehadiran jajaran pemerintah, baik pusat maupun daerah, menurut Maringka merupakan wujud komitmen pemerintah terhadap pembinaan umat beragama sebagai soko guru kehidupan berbangsa dan bernegara yang berlandaskan Pancasila,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang juga Ketua Forum Komunikasi Pria Kaum Bapak (FK-PKB) PGI, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Talaud yang telah bersedia menjadi tuan rumah perayaan Paskah Nasional 2022.

Menurutnya, lewat peristiwa Paskah berharap akan hadir semangat kemenangan ditengah-tengah menghadap pandemi Covid-19.

“Kita percaya tentunya Tuhan selalu menyertai kita dalam menghadapi tantangan-tangan dalam kehidupan berbangsa, dan bernegara, dan tantangan-tantangan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kita percacaya dengan hikmat Tuhan yang diberikan kepada kita, pasti kita akan mendapatkan harapan-harapan yang kita inginkan.”

Mewakili Forum Umat Kristiani Indonesia (FUKRI) Ketua Umum Persekutuan Baptis Indonesia Jhony M. Santoso dalam sambutannya menegaskan, Paskah adalah kemenangan oleh sebab kita tidak akan terpisah oleh kasih Allah yang melimpahkan kehidupan. Paskah adalah anugeah Allah kepada semua orang untuk menerima kasihnya melalui kehidupan.

Yasonna H Laoly pada kesempatan itu mengapresiasi penyelenggaraan Paskah Nasional di Kepulauan Talaud, yang menurutnya sangat luar biasa.

“Manusia tidak akan bisa dipisahkan dari kasih Allah. “Oleh karena dua alasan: Kasih-Nya yang kekal dan tanpa syarat,” ujarnya.

Diharapkan pula, keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama dapat semakin terjalin di negeri ini.

Perayaan Paskah Nasional tahun ini memang berbeda dari perayaan-perayaan sebelumnya, karena diisi oleh berbagai kegiatan.

Rangkaian acara diawali oleh ibadah bersama yang bertempat di gedung Germita Bukit Sinai, Melonguane, Kabupaten Talaud. Usai ibadah dilanjutkan dengan Jalan Salib di mana Salib Paskah diarak di wilayah Talaud, yakni 142 Desa dan 11 Kelurahan di 19 Kecamatan, untuk menuju Monumen Tuhan Yesus Raja Memberkati di Melonguane, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Talaud. Selanjutnya simposium nasional.

Di puncak perayaan Paskah Nasional 2022 juga ditandai dengan pelepasan Burung Merpati oleh Menkumham Yosana Laoly, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wagub Steven Kandow. Didampingi Bupati Talaud Dr. Elly Engelbert Lasut, Wabup Moktar Arunde Parapaga, Ketua Geemita Dr. Apolos Abbas, Ketua Umum PGI Pdt. Gomar Gultom, dan para pimpinan dari perwakilan 8 atas gereja.

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.