Babinsa Koramil 05/Bantargebang : Waspada Wabah PMK, Sambangi Dan Kontrol Kondisi Hewan Ternak Milik Warga

Spread the love

Jurnalline.com, Kodam Jaya, Kota Bekasi – Dalam rangka melakukan kontroling kondisi hewan ternak di wilayah binaannya, Babinsa Koramil 05/Bantargebang Kodim 0507/Bekasi Serda Muamar Sambangi kandang ternak milik warga. Hal tersebut dilakukan sebagai langkan antisipasi dan waspada terhadap penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kegiatan tersebut dilakukan kepada pemilik/penjual kambing dan sapi Qurban milik Bapak Darman yang berada di Jl. Bengkong RT. 03/03 Kel. Padurenan Kec. Mustikajaya, Kota Bekasi, pada Selasa (28/6/2022).

Pada kesempatan tersebut Serda Muamar langsung temui Bapak Darman (41) warga RT. 03/03 Kel. Padurenan yang memiliki hewan ternak kambing sebanyak 12 ekor, untuk melakukan pengecek kondisi kambing tersebut sebagai antisipasi gejala akan timbulnya penyakit mulut dan kuku.

Dalam pengecekan hewan ternak ini Serda Muamar mengatakan, Kegiatan Ini merupakan salah satu upaya identifikasi serta pengendalian penyebaran penyakit kuku dan mulut (PMK) pada hewan ternak.

Serda Muamar menyampaikan kepada pemilik hewan ternak kambing tersebut bahwa PMK sendiri merupakan penyakit hewan yang disebabkan oleh Apthovirus. Umumnya, penyakit ini menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau dan kambing.

Lebih lanjut dirinya menerangkan, Secara umum, PMK menimbulkan beberapa gejala klinis yang sama. Berikut di antaranya kepincangan, air liur berlebih atau berbusa, lepuh di sekitar mulut, lidah, gusi, hewan terlihat lemah, sering berbaring.

Di tempat lain Danramil 05/Bantargebang Kapten Inf Ruhiat, juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang memiliki hewan ternak khususnya sapi agar melakukan pengecekan secara rutin untuk mencegah penyakit PMK.

“Jika hewan ternak terindikasi penyakit segera laporkan ke Babinsa atau Bhabinkamtibmas dan instansi terkait, agar segera tertangani,” tuturnya.

Fram
Sumber : Kodim 0507/Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.