Babinsa Kota Baru Lakukan Pendataan Lokasi Penjual Ternak Kambing Dan Sapi Antisipasi PMK Menjelang Hari Raya Idul Adha

Spread the love

Jurnalline.com, Kodam Jaya, Kota Bekasi – Babinsa Koramil di jajaran Kodim 0507/Bekasi kembali mendapatkan perintah untuk melakukan pendataan lokasi penjual ternak kambing menjelang penyembelihan Qurban saat hari Raya Idul Adha di wilayah binaannya masing masing.

Seperti yang dilakukan kali ini oleh Serka Muslih Babinsa Kota Baru Koramil 01/Kranji Kodim 0507/Bekasi, melaksanakan pendataan terhadap hewan ternak di kandang milik Bapak Hadi Nuriman, Bapak Parwoto dan Bapak Aldi yang berada di wilayah Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi dan mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Babinsa Kota Baru, Serka Muslih mengatakan, pemeriksaan itu dilakukan untuk mengetahui kesehatan hewan ternak warga. Termasuk sebagai langkah pengawasan terhadap penyakit mulut dan kuku jika ada yang menyerang hewan ternak.

“Selaku Babinsa kami turun langsung memantau kesehatan sapi milik warga maupun di peternakan yang ada, tujuannya untuk mencegah kemungkinan adanya hewan yang terjangkit virus PMK,” kata Serka Muslih saat di temui pada Selasa (28/6/2022).

Serka Muslih juga mengimbau kepada warga maupun peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya.

“Dari hasil pengecekan langsung ke tiga lokasi yang kami lakukan di kandang Bapak Hadi Nuriman, Bapak Parwoto dan Bapak Aldi tidak terdapat hewan ternak yang sakit,” terangnya.

Ditempat lain Danramil 01/Kranji Mayor Inf Choirul Anam, beliau memgatakan bahwa Dirinya juga mengintruksikan para Babinsa di jajarannya agar melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh Serka Muslih, sebagai langkah antisipasi apabila ternak warga yang mengalami PMK agar segera di laporkan dan bisa lebih awal untuk mengatasi pengobatannya.

Danramil juga meminta agar warga segera melaporkan kepada petugas, jika didapati adanya gangguan kesehatan pada hewan ternaknya.

“Kami minta warga segera melapor kepada petugas bila pada hewan ternaknya ada ciri-ciri terinfeksi virus PMK seperti, keluar air liur berlebihan, lepuh, (lesi pada gusi), luka pada kuku (kuku terlepas),” pungkasnya.

Fram
Sumber : Kodim 0507/Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.