Jemmy Kumendong : Desa Kamanga Dua Dapat Nilai Terbaik Lomba Desa / Kelurahan Tingk.Provinsi Sulut

Spread the love

Jurnalline.com, TOMPASO – Kolaborasi yang baik antara Pemerintah kecamatan Stenly D. Umboh, dan Hukum tua Pemerintah desa Kamanga dua Lanni F.Mamesah, ST, Mampu menghantarkan Desa Kamanga dua mewakili Kabupaten Minahasa pada Lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi tahun 2022.

“Melalui aspek Pendekatan kearifan lokal Mapalus membangun bersama desa Kamanga dua.” Ujar Kadis PMD Provinsi Jemmy Kumendong, Kamis (23/Juni/ 2022) bertempat di Balai desa Kamanga dua Tompaso.

Dalam sambutannya pada acara lomba desa / kelurahan Tingkat propinsi sulut di balai desa Kamanga dua Tompaso.
Kadis PMD Propinsi Sulut Dr. Jemmi Kumendong mengungkapkan Desa Kamanga Dua akan mendapat nilai terbaik.

“Hali ini terlihat pada verifikasi lapangan atau peninjauan instrumen prasarana dan sarana pembangunan baik
aspek kemajuan pesat desa Kamanga dua yang dinilai multi kamajuan serta berdampak terhadap pembangunan fisik, non fisik serta pemberdayaan administrasi tata kelola desa yang baik serta keterlibatan Mapalus.”

Gotong royong bersama warga dalam memajukan desa adalah salah satu tolak ukur Kamanga dua menjadi utusan kabupaten Minahasa dalam lomba desa/kelurahan tingkat provinsi sulut tahun 2022.

“Ketika di utus untuk menjadi perwakilan Kabupaten Minahasa kami berharap desa ini akan menjadi yang terbaik di sulawesi utara walaupun akan di sandingkan dengan desa yang ada di 15 kabupaten provinsi Sulut.” Ujar Kadis Jemmi

Adapun
Tim penilai propinsi akan menilai secara objectif sesuai indikator- indikator penilaian yang di tetapkan pemerintah pusat terkait aspek pemerintahan, kewilayahan, Kesejahteraan serta dokumen dan
Mekanisme lain.

“Yang di laksanakan oleh tim penilai melalui tiga tahapan yaitu tahap 1 pemasukan dokumen,tahap 2 presentasi, serta tahap 3 klarifikasi lapangan sesuai dokumen yang di masukan.” Tukasnya

Lebih jauh Kumendong mengatakan segala sesuatu dapar berjalan dengan baik melalui titik tolak ukur untuk pembangunan lebih baik. Yakni dengan didasari Rencana kerja pemerintah yang dituangkan dalam APBDes.

” Luar biasa pemerintah desa Kamanga dua melalui kepimpinan Hukum Tua Lanni Froklin Mamesah ST, mampu menyiapkan gedung pertemuan multifungsi desa dalam waktu setahun lebih.” Tandas Kumendong didampingi Kadis PMD Kabupaten Minahasa Djefri Tangkulung SH,MAP.

Menambahkan peran pemerintah kecamatan sebagai pengawasan pemerintahan sangat kreatif, inovatif sebab mampu membawa dua desa mengikuti lomba desa tingkat Propinsi meqakili kabupaten minahasa dalam kurun 2 tahun berturut turut..

Bahwasanya Kumendong menyampaikan pada penilaian lomba desa tingkat provinsi adalah dengan
Menilai seobjektif mungkin.

Oleh tim penilai dari provinsi sulut, ada Tiga aspek utama pada oenilaian kali ini, diantaranya Aspek pemerintahan, terkait kinerja pemerintah, inisiatif informasi kewilayahaan, Peta rawan bencana, tingkat kesejahteraan rakyat, apdes, bumdes, serta inovasi desa lainnya.

Desa Kamanga Dua Semakin hebat dan maju Minahasa Sejahterah.

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE