Latihan Bersama Linud TNI AD Dengan AD Jerman di Yonif Para Raider 503 Kostrad

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – TNI Angkatan Darat (AD) dan Angkatan Darat Jerman menggelar latihan bersama (Latma). Latma bertajuk Linud TNI AD dan AD Jerman itu digelar 13-17 Juni 2022 di Asrama Yonif Para Raider 503 Kostrad Mojosari-Mojokerto dan Madivif 2 Kostrad Singosari- Malang.

Total ada sebanyak 20 prajurit TNI AD dan 3 prajurit Angkatan Darat Jerman yang ikut dalam Latma Linud TNI AD dan AD Jerman tahun 2022. Untuk satuan dari TNI AD diwakili oleh Batalyon Infanteri Para Raider 503/Mayangkara/18/2 Kostrad dan Angkatan Darat Jerman diwakili oleh Germany 1st Airborne Brigade, 2nd Regiment.

Ada sejumlah materi dalam Latma ini, dimulai dari pengetahuan dari AD Indonesia yaitu diantaranya pelaksanaan Ground Training sebelum pelaksanaan penerjuan, pengetahuan tentang Operasi Lintas Udara sampai dengan pelaksanaan materi Han Tu serta serbuan ruangan untuk menduduki sasaran setelah selesai melaksanakan penerjunan. Tidak lupa juga AD Indonesia juga memperkenalkan Jenis Payung yang digunakan untuk penerjunan serta penggunaan VRPS (Virtual Reality Parachute Simulator) di Madivif 2 Kostrad.

Selanjutnya AD Jerman juga memberikan pengetahuan tentang bagaimana seorang prajurit AD Jerman dilatihkan bagaimana menjadi seorang prajurit Lintas Udara (sekolah para), pengetahuan tentang Operasi Lintas Udara AD Jerman, pemberian bantuan tembakan sebelum pelaksanaan Operasi Lintas Udara, sampai dengan bagaimana cara memberikan dukungan logistik yang juga diterjunkan melalui pesawat. Terakhir AD Jerman juga memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara tahap-tahap dari mulai pembacaan manifest payung sampai dengan pelaksanaan penerjunan.

Latihan bersama Linud AD Indonesia dan AD Jerman tahun 2022 antara TNI AD dan Angkatan Darat Jerman berakhir yang ditandai dengan penyematan Brivet dan pemberian piagam di antara kedua Negara, dari pihak TNI AD diwakili oleh Danyonif Para Raider 503/Mayangkara18/2 Kostrad Letnan Kolonel Roliyanto, S. I. P., M.I P. dan dari AD Jerman diwakili oleh BDE G3 Branchhead Jumpmaster LTC Hannes Petzold.

Dalam latihan kali ini harapannya TNI AD khususnya Yonif PR 503 Kostrad setelah melaksanakan Latma Linud ini dapat menjalin persahabatan dengan Negara Jerman serta mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan Operasi Lintas Udara, mengingat satuan ini merupakan satuan yang berkualifikasi Para Raider, sehingga dapat memperoleh keberhasilan dan kesuksesan di daerah operasi serta tugas pokok tercapai.

Alex
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.