Uji Ketangkasan Prajurit, Batalyon Arhanud 1 Kostrad Laksanakan USJM

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Yon Arhanud) 1 Kostrad melaksanakan kegiatan Uji Kesiapan Jasmani Militer (USJM) perorangan dengan materi Renang Militer (Renmil) bertempat di Kolam renang Yon Arhanud 10/Agni Buana Cakti, Pesanggarahan Jakarta Selatan. Senin (20/06/2022).

USJM merupakan kegiatan program yang dilaksanakan satuan Yonarhanud 1 Kostrad dimana di dalamnya terdapat materi renang militer. Kegiatan dilaksanakan dengan mekanisme yang telah disiapkan mulai dari pengecekan kesehatan, pemanasan dan pelaksanaan serta pelemasan. Latihan ini merupakan kesejahteraan bagi prajurit, agar kemampuan mental dan fisik prajurit tetap terjaga dengan baik serta hubungan antara prajurit semakin solid sehingga selalu siap menghadapi tantangan dalam keadaan apapun.

Materi ketangkasan Renmil tersebut dilaksanakan dengan menggunakan beban helm dan senjata dengan jarak berenang sejauh 50 meter. Pasiops Yonarhanud 1/Purwa Bajra Cakti Lettu Arh Cahyo Tri Wibowo, S.T.Han menjelaskan, bahwa untuk menjamin kesiapan jasmani tetap terpelihara, diperlukan alat uji dengan kriteria, metode, cara pengujian dan sistem penilaian yang tepat sehingga menjamin obyektivitas dan validitas penilaian serta mengetahui tingkat kesiapan jasmani prajurit.

Pada kesempatan tersebut Komandan Yon Arhanud 1 Kostrad Letkol Arh Helmy Ariansyah, S.E. beserta seluruh Perwira Batalyon juga ikut melaksanakan renang militer. “Dengan adanya Perwira di tengah-tengah anggota di setiap kegiatan diharapkan dapat menumbuhkan semangat dan motivasi sehingga terjalin hubungan yang harmonis”, ujar Danyon

Alex
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.