Babinsa Koramil 04 Cengkareng Pantau Hewan Ternak di RPH

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Kodim0503/JB.
Babinsa Koramil 04 Cengkareng, Sertu Slamet, melaksanakan pemantauan kesehatan hewan ternak bertempat di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Jl Semanan pintu air RT 008/012 Kelurahan Duri Kosambi, pemilik Bapak Imron.

Pemantauan ini dilaksanakan di Rumah Potong Hewan (RPH) Kelurahan Duri Kosambi dan Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng Sabtu, (02/07/2022).

Sertu Slamet mengatakan pemantauan dilakukan terhadap 10 ekor sapi di Kelurahan Duri Kosambi dan Serda Eko Setiawan melaksanakan pemantauan 25 ekor Babi di RPH Kelurahan Kapuk Tujuannya sebagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya penularan virus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

“Dari hasil pemantauan dengan dinas terkait, semua hewan yang telah diperiksa dinyatakan dalam kondisi sehat,” ujar Babinsa.

Menurutnya, sosialisasi PMK dan penyemprotan cairan disinfektan juga diberikan oleh petugas. Termasuk dalam menjaga kebersihan kandang hewan ternak, serta sarana prasarana yang digunakan sebagai upaya pencegahan agar terhindar dari PMK.

Bapak Imron Salah satu pemilik RPH di Duri Kosambi berharap agar para peternak juga bisa bekerja bersama untuk mencegah penyebaran virus PMK.

“Sehingga seluruh wilayah khususnya di Kelurahan Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng aman dari virus PMK,” tuturnya.

Disebutkan, virus PMK ini tidak menular ke manusia. Tetapi sangat cepat menular ke sesama hewan ternak.

“Ciri-ciri hewan terinfeksi virus ditandai dengan air liur berlebihan, luka lepuh seperti sariawan di lidah dan gusi. Serta muncul luka pada kuku, tumit dan celah kuku,” pungkasnya.

Fram
Sumber : Pen04/CK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE