Batalyon Kavaleri 1 Kostrad Laksanakan Latihan Menembak Senjata Berat Kendaraan Tempur

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Batalyon Kavaleri 1 Kostrad melaksanakan Latihan Menembak Senjata Berat (Latbakjatrat) Ranpur di daerah pusat latihan tempur Kodiklatad Baturaja, Sumatera Selatan. Selasa (5/7/2022).

Danyonkav 1 Kostrad Letkol Kav I.F. Andi Yusuf Kertanegara menyampaikan, bahwa untuk sasaran latihan yang ingin dicapai meliputi dua aspek diantaranya sasaran kuantitatif bagi seluruh personel yang menjabat sebagai Penembak Kanon dan sasaran kualitatif dengan tujuan mampu menembak senjata berat Ranpur dengan baik.

“Para petembak diharuskan mampu menghancurkan sasaran sesuai target berupa lesan yang telah disiapkan,” ucap Danyonkav 1 Kostrad.

“Latbakjatrat Ranpur merupakan salah satu cara untuk meningkatkan profesionalisme dan mengasah kemampuan tempur prajurit korps Kavaleri yang di kenal dengan “TRI DAYA CAKTI” yaitu Daya gerak, daya tembak dan daya kejut,” tambah Letkol Kav Andi.

“Kemampuan setiap prajurit harus terus ditingkatkan untuk mendukung tugas pokok TNI AD, dalam keadaan apapun mereka juga harus tetap memperkuat keimanan dan ketaqwaan karena setiap kegiatan latihan harus diiringi dengan Doa,” tutup Danyonkav 1 Kostrad.

Untuk materil yang digunakan meliputi 4 unit Ranpur MBT Leopard 2 RI bersenjata Kanon kaliber 120 mm dan 1 Unit Ranpur Marder 1A3 bersenjata kanon Rheinmetall Rh202 kaliber 20 mm. Untuk jarak tembak Kanon 120 mm sejauh 2.000 m dan jarak senjata RRh 202 sejauh 1.000 m.

Latihan dilaksanakan selama dua hari dari mulai Senin s.d Selasa 4 s.d 5 Juli 2022, selama pelaksanaan menembak berjalan aman dan lancar tanpa ada suatu kerugian personel maupun materil.

Alex
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.