Dandim 0505/JT Dampingi Kasdam Jaya Cek Kesehatan Hewan Qurban

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Danrem 0505/Jakarta timur Kolonel Arm Yogo Widiatmoko, S.Sos., M.Tr (Han) dampingi Kasdam Jaya Brigjen TNI Edy Sutrisno, SE meninjau dan mengecek langsung penjualan hewan Qurban bertempat di lapak Beli Sapi/Hajjah Umi Kalsum, guna antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah Kelurahan Pulogebang Kecamatan Cakung, Kamis (07/07/22).

Jelang Idul Adha, Kasdam Jaya Pastikan Hewan Bebas PMK di Wilayah Pulogebang khususnya Jakarta timur.

Dikatakan Dandim, kehadiran Kasdam Jaya dilokasi penjualan hewan Qurban ini untuk memastikan hewan kurban yang akan di jual untuk kebutuhan Hari Raya Idul Adha 1443 H diwilayah Jakarta timur tidak ada yang terkena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Dalam kunjungan kerjanya, Kasdam Jaya melihat langsung penjualan hewan Qurban dan petugas kesehatan hewan yang menangani langsung proses penanganan (PMK) untuk memastikan hewan kurban di wilayah Jakarta timur tidak ada yang terkena PMK.

Lebih lanjut disampaikan Dandim bahwa dihadapkan dengan lagi berkembangnya Penyakit yang menyerang hewan ternak yaitu Mulut dan Kuku. Sehingga pada momen Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah ini dapat menimbulkan kekhawatiran dilingkungan masyarakat.

“Kita sebagai Apkowil turut serta dalam membantu pemerintah pusat dalam pengendalian wabah virus PMK pada hewan Qurban serta memberikan sosialisasi ke masyarakat agar dalam pembelian hewan Qurban dapat melihat langsung ke lokasi penjualan untuk pastikan hewan yang di jual sudah di vaksin dan terbebas dari PMK.

Sementara itu Perwakilan dari Dinas KPKP yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan untuk mengawasi hewan ternak di pasar menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H, maka Pemerintah Kota Administrasi Jakarta timur telah membentuk petugas pengawas hewan Qurban yang di jual oleh pedagang musiman jelang Iedul Adha.

“Dandim berharap ke para pedagang hewan Qurban juga harus disiplin dalam merawat hewan Qurban yang dijual sudah di vaksin guna pastikan hewan sehat.

Hadir dalam pengecekan Hewan Qurban diantaranya Kasdam Jaya Brigjen TNI Edy Sutrisno, SE, Dandim 0505/JT Kolonel Arm Yogo Widiatmoko, S.Sos., M.Tr (Han), Plh. Pasiter, Pasi Intel, Danramil 06/Cakung, Ketua RW.08, Petugas Kesehatan Hewan ternak dan Babinsa/Bhabinkamtibmas Pulogebang.

Fram
*Sumber : Kodim 0505/Jakarta timur*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.