Lestarikan Kesenian Asli Indonesia, PSHT dan Reog Ponorogo Tampil di Acara Sertijab Danyonif MR 411 Kostrad

Spread the love

Jurnalline com, Jakarta – Pertunjukan Kesenian Reog Ponorogo yang dikolaborasikan dengan Seni Beladiri Pecak Silat Setia Hati Teratai (PSHT) ditampilkan dengan memukau oleh Prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad pada acara Sertijab Danyonif Mekanis Raider 411 Kostrad, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Dalam keterangannya, Kamis (30/06/2022) Danyonif Mekanis Raider 411 Kostrad, Mayor Inf Subandi, S.E., M.I.P., mengatakan, semangat menjaga kelestarian warisan budaya asli Indonesia, hal inilah yang dilakukan oleh Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad.

Sebagai implementasi mencintai serta melestarikan keanekaragaman budaya Indonesia, khususnya pada acara besar yang dilaksanakan Yonif MR 411 Kostrad.

Dengan latihan khusus, Tim Reog Ponorogo yang merupakan personel Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad yang dipimpin oleh Serda Ritfan Wijayanto menampilkan atraksi-atraksi berbahaya yang memukau para tamu undangan.

Instrumen pengiringnya, kempul, ketuk, kenong, genggam, ketipung, angklung dan terutama salompret, menyuarakan nada slendro dan pelog yang memunculkan atmosfir mistis, unik, eksotis serta membangkitkan semangat.

Ditemui usai penampilannya, Kopda Haryono mengatakan, bahwa penampilan kesenian tersebut sengaja diusung, selain untuk menghibur para tamu undangan yang hadir sekaligus simbol semangat prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad.

Alex
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.