Cek Kesehatan Berkala, Yonkav 1 Kostrad Laksanakan Posbindu PTM

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Batalyon Kavaleri (Yonkav) 1 Kostrad melaksanakan kegiatan Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) di Gedung Posbindu Asrama Yonkav 1 Kostrad, Cimanggis Depok, Jawa Barat. Senin (01/08/2022).

Kegiatan ini merupakan upaya dan sarana dalam melakukan kegiatan deteksi dini, pemantauan dan pengendalian kesehatan prajurit beserta keluarga terhadap resiko penyakit tidak menular. Adapun tujuan Posbindu PTM yaitu meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh kader kesehatan di Posbindu diantaranya wawancara terarah guna mengidentifikasi riwayat penyakit tidak menular, pengukuran berat badan tinggi badan lingkar perut, analisa lemak tubuh dan Indek Massa Tubuh (IMT) dan pemeriksaan tekanan darah serta konseling kepada Dokter.

Dokter Yonkav 1/Badak Ceta Cakti Lettu Ckm dr. Arry H. Sagita Siregar mengatakan bahwa salah satu faktor risiko PTM meliputi kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi dan hiperkolesterol.

“Jadi yang perlu di ingat dalam penanggulangan PTM adalah dengan langkah ‘CERDIK’ yaitu Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktifitas fisik, diet yang baik dan seimbang, Istirahat yang cukup dan kelola stres,” tegas Dokter Yon.

Fram
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.