HUT Ke-77 RI, Bangkitkan Kejayaan Maritim Nusantara Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Gresik

Spread the love

Jurnalline.com, Gresik – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia, TNI Angkatan Laut (TNI AL) serentak mengibarkan Bendera Merah Putih dari bawah laut di 77 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia, upacara pengibaran bendera yang dipimpin Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Ahmadi Heri Purwono mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dipusatkan di Pulau Putri, Kepulauan Seribu. Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V/Surabaya, ikut serta dalam kegiatan tersebut dari lokasi-62 di Pantai Delegan, Gresik, Jawa Timur, Rabu (17/08).

Dalam kesempatan ini, Wakil Komandan Lantamal V Kolonel Marinir Joni Sulistiawan mewakili Danlantamal V, menyerahkan Bendera Merah Putih kepada para penyelam yang menjadi Pasukan Pengibar Bendara di Dasar Laut Gresik. Bertindak sebagai inspektur Upacara di lokasi 62 ini yaitu, Kolonel Laut (P) Eko Hariyanto, yang sehari-hari menjabat sebagai Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal V.

Dari Pantai Delegan Sang Merah Putih dikibarkan dari dasar laut sedalam 7 meter oleh 25 penyelam yang terdiri dari Prajurit TNI AL Lantamal V, Personel Polairud Polda Jatim, Jalasenastri Korcab V DJA II, Klub Selam, serta tidak ketinggalan para pelajar Pramuka Saka Bahari.

Total secara terpusat, TNI AL melibatkan lebih dari 800 personel penyelam dari Prajurit TNI AL, TNI & Polri, Pemerintah Daerah, organisasi masyarakat, klub selam, awak media dan masyarakat yang ikut berpatisipasi dalam pengibaran bendera ini, sekaligus tercatat pada rekor MURI yaitu melaksanakan penaikan bendera di dasar laut di 77 lokasi dari Sabang sampai Merauke.

“Seperti apa yang telah ditegaskan oleh Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono bahwa ini menjadi komitmen untuk mengisyaratkan bahwa TNI AL siap menjaga kedaulatan dan keamanan di seluruh wilayah laut Indonesia. Tentunya pada Peringatan Hari Kemerdekaan ini juga menjadi momentum dalam membangkitkan kembali kejayaan maritim untuk Indonesia pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat”. Tegas Wadan Lantamal V mengutip apa yang di tegaskan oleh Kasal.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.