Momentum HUTRI Ke 77 Bupati ROR Ajak Masyarakat Lawan Penjajah Baru Tak Kasat Mata

Spread the love

Jurnalline.com, Minahasa – Pelaksanaan puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 di Kabupaten Minahasa, provinsi Sulawesi Utara berjalan sukses dan lancar.

Bupati DR Ir Royke Oktavian Roring, M.Si mengatakan, bahwa promosi HUT ke-77 Kemerdekaan RI, dengan nuansa yang sama seperti sebelum hadirnya Pandemi COVID-19. Dimana, dengan semarak terlihat kembali, rasa cinta dan suka cita anak bangsa yang membaluri seluruh negeri.

Dikatakannya, dua tahun lebih sudah Bangsa Indonesia termasuk kabupaten Minahasa diperhadapkan dengan Pandemi COVID-19, yang seolah-olah menjadi “Penjajah Baru” tak kasat mata, tak berwujud, dan tak dapat diserap panca indra, tetapi nyata menjerat manusia, bahkan melumpuhkan, dan mematikan tanpa mengenal siapa pun.

“Pandemi telah menyebabkan kehidupan benar-benar terbelenggu dengan segala macam keterbatasan dan kekurangan. Bahkan, acara sosial pun turut hadir di semua sektor,
Misalnya tekanan di sektor ekonomi yang begitu terasa, di daerah kita tercinta. Tapi kita sudah melewatkan Pandemi Corona dengan gerakan bersama.

Selayaknya “Perang”, kita mampu menunjukan jiwa patriotik dan berkomitmen untuk saling menjaga sesama tanpa kenal lelah dan kata pasrah, kita terus berjuang melawan COVID-19.

“Diantaranya dengan menggunakan masker, menjaga jarak aman dan membuat pola hidup bersih, serta patuh dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti segala kebijakan seperti PSBB dan program vaksinasi,” imbuh Bupati Roring

Menurutnya saat ini, di Indonesia dan kabupaten Minahasa khususnya bisa dikatakan “Merdeka” dari sudahan virus Corona. Meskipun belum 100% pulih dari pandemi, kondisi kini sudah membaik. Namun begitu, kata dia, masih menjadi tantangan untuk membuat kondisi lebih pulih lagi.

“Kita perlu bersinergi melakukan akselerasi dan bangkit untuk mampu menjadi lebih kuat. Kedepan, kita masih tetap bersatu, bekerja sama, menunjukan juang yang tinggi, rela berkorban, gotong royong, sebagaimana yang telah kita tunjukan selama dua tahun lebih melawan pandemi. Untuk itu, diharapkan kita mampu menghargai semangat juang para pahlawan, dalam kehidupan sehari-hari dalam melakoni peran, dan dalam melanjutkan cita-cita kemerdekaan, menuju kemajuan dan kemakmuran, “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Seluruh Bangsa Indonesia harus sama-sama dengan kondisi lebih cepat, bangkit lebih kuat untuk mencapai tujuan bersama.
“Melalui momentum Resepsi dan Toast Kenegaraan dalam rangka peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. semangat untuk memperjuangkan semangat, semangat para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.”

“Karena, jiwa-jiwa heroik, jiwa-jiwa patriotik para pendahulu, semangat perjuangan bersama yang telah kita tunjukkan dalam memerangi dan membuat pandemi terkendali, Bupati Roring mengucapkan terima kasih kepada Forkopimda, DPRD, tokoh masyarakat, tokoh agama, Ormas, Pers / Awak Media dan panitia penyelenggara peringatan HUT Proklamasi. Baik di tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan dan desa yang telah melaksanakan tugas menyukseskan kegiatan ini dengan baik, serta semua elemen masyarakat yang berpartisipasi turut menyemarakkan bulan kemerdekaan.

“Ucapan terima kasih secara khusus saya sampaikan kepada pasukan pengibar bendera (Paskibraka) yang telah melaksanakan tugas dengan baik. Termasuk tim pembina dan pelatih, baik di tingkat kabupaten maupun kecamatan yang disiplin dan bertanggungjawab telah menjalankan tugas dengan baik. Dirgahayu Republik Indonesia ke-77, semoga Indonesia semakin jaya,” pungkasnya

Adapun Kegiatan diawali dari giat Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Tondano, Selasa (15/08) malam, langsung diikuti Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM, bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah seperti ; Ketua DPRD Minahasa Glady PE Kandouw SE, Kapolres Minahasa AKBP Tommy Bambang Souissa SIK, Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa Diky Octavia SH MH, Kepala Pengadilan Negeri Tondano Nova Sasube SH MH, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Ircham Efendi, Kepala Lapas Kelas IIb Tondano Margono, Sekretaris Daerah Minahasa Frits R Muntu S.Sos dan jajaran Pemkab Minahasa.

Selanjutnya Rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke 77 juga mempersembahkan remisi pada nomor-nomor tahanan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIb Tondano, Rabu (17/08), pukul 06.00 WITA, di halaman Lapas Tondano.

Kemudian, pada pukul 08.00 WITA, bertempat di Lapangan Manguni Tondano, melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih, di mana Bupati Minahasa bertindak sebagai Inspektur Upacara, kemudian Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw sebagai pembaca Teks Proklamasi dan Kantor Kementerian Agama memimpin doa syukur bersama.

Pada pukul 09.30 WITA, acara dilanjutkan dengan Upacara Ziarah di Taman Makam Pahlawan Dr GSSJ Ratulangi, dimana Kapolres Minahasa AKBP Tommy Bambang Souissa SIK sebagai Inspektur Upacara.

Selesai Ziarah, pukul 11.00 WITA, Bupati bersama rombongan lalu mengikuti Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih secara langsung melalui virtual, dari Istana Negara, dimana Presiden Joko Widodo menjadi Inspektur Upacara.

Selesai bergabung dengan Istana Negara, jajaran Pemkab Minahasa dan Forkopimda Minahasa kemudian makan siang bersama para Veteran dan tamu undangan di Rudis Bupati.

Sore hari pukul 16.30WITA selanjutnya Upacara Penurunan Bendera di Lapangan Manguni Tondano, dimana Wakil Bupati DR Robby Dondokambey SSi MM, bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Acara kemudian diakhiri dengan Tost Kenegaraan pada pukul 19.00 WITA.

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.