Gubernur Olly : Atualisasikan Semangat Juang Nasionalisme Intelektual BOTE

Spread the love

Jurnalline.com, Manado – Robert Wolter Mongisidi adalah pahlawan besar yang dalam catatan sejarah sebelum dan pasca kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sosok Pahlawan asal Sulut yang berjuang mempertahankan keutuhan Bangsa dan Negara Indonesia.

Hal ini disampaikan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE. dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Badan Kesbangpol Sulut Ferry Sangian, Senin (5/9/2022).

Adapun kegiatan ini dalam peringatan 73 tahun gugurnya pahlawan nasional Robert Wolter Mongisidi (red_Bote. Sapa akrab Robert W.Monginsidi).

“Robert Wolter Mongisidi adalah pemimpin besar, sosok yang disegani, dan berpengaruh dalam sejarah bangsa Indonesia sebelum dan pasca kemerdekaan.” Tukasnya

Lanjut dengan keberanian dan kepintaran yang dimiliki tersebut Robert Wolter Mongisidi berhasil memimpin pertempuran melawan Belanda.

“Perjuangan dan pengorbanannya terus dilakukan dengan satu tujuan, yakni; mengusir Penjajah dari tanah air tercinta,” tukas Kaban Kesbangpol Sangian.

Meskipun telah divonis hukuman mati, tetapi tidak bisa membungkam BOTE untuk terus menyuarakan semangat perjuangan lewat tulisan.

Ada banyak tulisan/puisi karya Bote yang menjadi inspirasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Beberapa tulisan inspirasi yang harus selalu diingat dan diaktualisasikan dalam kehidupan saat ini, antara lain;

“Jangan berhenti belajar agar kepercayaan pada diri sendiri tetap ada dan juga dengan kepercayaan teguh pada Tuhan, janganlah tinggalkan kasih Tuhan yang mengatasi segala-galanya.” Tukasnya

Adapun dalam konteks tersebut ini marilah kita merasakan momentum ini sekaligus merasakan pentingnya perjuangan Bote dalam mengusir penjajah. Mari kita aktualisasikan semangat juang, nasionalisme, intelektual Bote dalam karya hidup.

“Pererat tali persaudaraan dan kebersamaan sesama anak bangsa, serta memberikan kontribusi positif dalam semua dimensi pembangunan menuju Sulawesi Utara yang maju sebagai pintu gerbang Asia Pacifik,” tandas Sangian.

Dirinya menambahkan bahwa Gubernur Sulut juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang terkait dalam mensukseskan kegiatan peringatan 73 tahun gugurnya pahlawan nasional Robert Wolter Mongisidi.

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.