Bangkit Bersama, Kolinlamil Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi selaku Inspektur Upacara memimpin peringatan Hari Kesaktian Pancasila diikuti seluruh prajurit dan PNS Mako Kolinlamil dengan Komandan Upacara Letkol Laut (T) Amel Zen perwira Denma Kolinlamil yang dilaksanakan di Lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (1/10)

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober dilaksanakan untuk mengenang sejarah tragedi atas gugurnya putra-putra terbaik bangsa, akibat dari tragedi G30S/PKI pada tahun 1965 merupakan bentuk penyelewengan PKI terhadap pemerintahan RI dalam mempertahankan ideologi Pancasila sebagai falsafah Bangsa Indonesia. Adapun tema upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022 adalah “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”.

Upacara yang berlangsung cukup khidmat ini diisi dengan pembacaan ikrar kebulatan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai – nilai luhur ideologi Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Panglima Kolinlamil usai melaksanakan upacara mengingatkan kepada seluruh jajaran Kolinlamil untuk lebih waspada terhadap situasi yang sedang berkembang, Dasar Negara Pancasila yang menjadi ideologi Negara harus tetap menjadi pedoman bagi seluruh prajurit.

“Globalisasi yang membuka batas-batas antar negara memberi dampak yang dapat melunturkan nilai-nilai Pancasila jika kita tidak mampu menyaring (mem-filter) berbagai arus informasi yang masuk melalui teknologi komunikasi, seperti handphone dan media sosial. Untuk itu, saya himbau sesuai dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono bahwa prajurit TNI AL harus selalu menjaga kepercayaan negara dan waspada serta tetap berpegang teguh terhadap Pancasila dan UUD 45,” tandas Panglima Kolinlamil.

Fram
Sumber : Dispen Kolinlamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.