Guru dan Siswa SMP Hang Tuah 6 Excellent Banjiri Prestasi

Spread the love

Jurnalline.com, Sidoarjo – SMP Hang Tuah 6 Excellent Juanda merupakan SMP termuda di lingkungan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya, Sekolah ini baru berdiri di tahun 2019 dengan siswa yang hanya 17 dan mendapat tambahan dari mutasi sekolah
lain 8 sehingga angkatan pertama berjumlah 25 siswa dan sebagai Kasatdik / Kepala Sekolah Irra Fatukawati, S.Si., M.Pd.

Dengan gencarnya promosi dan proses Pembelajaran yang Excellent, SMP Hang Tuah 6 Excellent dalam waktu dekat langsung dalam orbitan papan atas. Tahun Ajaran 2022/2023 sudah mampu menyerap siswa total 197 siswa dengan rincian kelas VII sebanyakn 74 siswa, kelas VIII diisi 60 siswa sedangkan kelas IX mencapai 63 siswa

Penghujung Oktober 2023 sejumlah prestasi bermunculan dari tingkat Kabupaten, Propinsi dan Nasional, hal ini merupakan hasil pembinaan dari Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn) Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P melalui Ketua Cabang Yayasan Hang Tuah Surabaya Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP yang selalu menyuarakan agar seluruh siswa, guru dan karyawan selalu bekerja keras, kerja ikhklas, kerja cerdas, tuntas, professional, dan kompetitif. Prestasi terbaik harus dicapai baik prestasi akademik maupun non akademik.

SMP Hang Tuah 6 Excellent memang benar-benar Excellent adanya. Hal ini di buktikan bahwa para pendidik di SMP termuda di Hang Tuah ini sudah menunjukkan giginya, Beragam perlombaan yang diikuti antara lain, lomba memanah, genius science competition, kader kesehatan remaja, kejuaraan bersepeda, esai, penulisan puisi, dan pentigraf (cerpen tiga paragraf).

Di awali dengan lomba memanah yang di wakili oleh Rexar Mahendra kelas VIII A, di ajang Kompetisi Gubernur Cup 2022 tingkat Jawa Timur yang diikuti oleh sekitar 50 peserta. Ia masuk dalam peringkat 30 peserta terbaik se-Jawa Timur.

Selanjutnya, Genius Science Competition Tingkat Nasional yang diikuti oleh Kataros Diez Megan Pah kelas VIII A ini, berhasil meraih medali perak dan menyingkirkan lawan dari total 5.600 peserta yang bersaing dalam perlombaan tersebut.

Lalu dilanjutkan dengan kemenangan Callista Salma kelas VIII B sebagai juara 3 dan Azalia Isha kelas VII B sebagai juara 1 dalam Lomba Kader Kesehatan Remaja Tingkat Kecamatan Sedati.

Pramuka SMP Hang Tuah 6 Excellent Juanda juga tidak ketinggalan, melalui regu putri yang diketuai oleh Nafisya kelas IX A dan regu putra Refaldyno kelas VIII B ini berhasil meraih juara 2 dan juara 1 Lomba Tingkat II Kwaran Sedati yang diselenggarakan di Tanjek Wagir, Sidoarjo. Di lomba Road Race, Amira Sifa kelas VII C Mahesa Jenar Semarang 2022 yang berhasil menduduki juara 2 dalam perlombaan tingkat nasional tersebut.

Pendidik SMP Hang Tuah 6 Excellent atas nama Reza Roesmiranti H., S.Psi., M.Si. berhasil meraih juara 2 lomba esai tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Riau, kemudian Lomba Penulisan Puisi dengan Tema Senja Durja yang diselenggarakan oleh Puspamalapustaka berhasil membawa Alfiah Aprillinanda, S.Pd. sebagai penulis terpilih dan karyanya dibukukan.

Dalam Festival Literasi Sidoarjo Tingkat SMP, peserta didik SMP Hang Tuah 6 Excellent Juanda kembali meraih prestasi Juara 1, 2 dan 3 oleh peserta didik atas nama Muhammad akhtar R. Kelas VIII C, Rifqi Aufa kelas IX B dan Lakeisha Indira W kelas VIII C.

Oktober ceria merupakan bulan penuh prestasi yang membanjiri SMP Hang Tuah 6 Excellent, peserta didik atas nama Chika Rizky Desriana kelas VII C, Violla Marischa kelas VII C, dan Putu Carletta kelas IX B meraih prestasi sebagai penulis terpilih di kompetisi pentigraf yang diselenggarakan oleh Penerbit JSI dan mampu bersanding dengan peserta yang telah bergelar diperlombaan tersebut.

Berbagai ektrakurikuler juga ada di SMP Hang Tuah 6 Excellent Ektrakurikuler, Hafidz, English, Jepang, Design grafis, Robotik, Kader kesehatan remaja , Jurnalis , Padus ,Olahraga (voli futsal basket bukutangkis), Paskib . Kesemuanya telah berhasil membawa nama harum sekolah dan prestasi ini tentu saja menjadi potensi bagi peningkatan mutu pendidikan di SMP Hang Tuah 6 Excellen.

“Prestasi yang membanggakan dari peserta didik dan pendidik di SMP Hang Tuah 6 Excellent Juanda diharapkan agar terus memotivasi peserta didik dan pendidik lainnya untuk terus berkarya dan berprestasi”, ungkap Irra Fatukawati, M.Pd. selaku kepala sekolah

Fram/yht/dar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.