KRI Dorang-874 dan KRI Bawal-875 Melaksanakan Latihan VBSS dengan Satkopaska Koarmada III

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL/ Koarmada III – Dalam rangka meningkatkan kemampuan Tim Visit Board Search and Seizure (VBSS), sebagai persiapan sebelum melaksanakan Latihan Bersama Cassowary Exercise/ Cassoex 22 TNI Angkatan Laut dengan Royal Australian Navy (RAN) yang akan dilaksanakan pada bulan November mendatang, Prajurit Koarmada III melaksanakan Latihan VBSS, yang bertempat di Perairan Sorong Papua Barat. Senin (31/10/22).

Dikatakan Komandan Satkat Koarmada III Kolonel Laut (P) Yudhoko Timuryanto yang juga merupakan Komandan Satgas Cassoex 22, bahwa Latihan tersebut melibatkan personel Koarmada III dari Satkopaska Koarmada III, Tim VBSS KRI Bawal-875 dan Tim VBSS KRI KRI Dorang-874, dengan materi latihan dimulai dengan Briefing, Boarding Pass, Sea Movement dan Personal Handling.

Dijelaskan Komandan Satkat Koarmada III, Tim VBSS adalah sebuah tim yang memiliki kemampuan pencarian, penyergapan dan pembebasan kapal yang merupakan komponen wajib di Kapal Perang untuk menghadapi berbagai bentuk pelanggaran kedaulatan dan hukum di laut,.

Selain juga disampaikan Komandan Satkat Koarmada III, bahwa Latihan VBSS ini merupakan perintah Panglima Koarmada/ Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah S.H., CHRMP., M. Tr.Opsla, agar Prajurit Koarmada III memiliki pengetahuan dan profesionalisme yang baik dalam setiap pelaksanaan tugas yang diemban, dimana hal ini selaras dengan Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam rangka pembangunan SDM Prajurit TNI Angkatan Laut yang unggul.

Fram
Sumber : Kadispen Koarmada III

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.