Jelang ArmadaJaya XL, Perwira Kolinlamil Terima Pembekalan Pendalaman Doktrin PPKM

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Dalam rangka persiapan Latposko Armada Jaya XL Tahun 2022, Sejumlah perwira di jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mendapat pembekalan tentang pendalaman tujuh langkah Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) yang dibuka oleh Dirlat Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Widodo dilaksanakan di Gedung Laut Natuna Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (6/10). Pendalaman PPKM ini dipaparkan oleh Komandan Resimen Akademi Angkatan Laut Kolonel Laur (P) Arya Delano secara virtual yang terpusat di Kodiklatal.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan bagi para perwira Kolinlamil berkaitan dengan berbagai latihan yang dilaksanakan Kolinlamil, gabungan TNI AL dan gabungan TNI. Selain itu juga, PPKM dilaksanakan guna meningkatkan dan menambah wawasan para perwira tentang proses pengambilan keputusan militer dalam perencanaan operasi militer.

Dalam paparannya Danmen AAL menyampaikan bahwa di dalam PPKM atau Proses Pengambilan Keputusan Militer tersebut meliputi bagaimana, kapan, apa yang diputuskan, apa resikonya, dan konsekuensi dari keputusan tersebut, PPKM ini sangat penting, karena apa yang diputuskan pada tahap tersebut sangat menentukan rangkaian kegiatan selanjutnya.

“Para perwira harus diberi pembekalan tentang Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) dan Operasi Pendaratan Administrasi (Opsratmin) sebelum mereka melaksanakan latihan yang sesungguhnya” ujar Danmen AAL.

Aplikasi PPKM pada Kolinlamil, diterapkan di dalam Opsgab TNI, dimana peran Kolinlamil adalah sebagai Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin) yang bertugas melaksanakan Operasi Pendaratan Administrasi (Opsratmin) bagi Kogasratgab, selanjutnya Kogasgabratmin itu sendiri dalam melaksanakan Opsratmin tidak dapat berdiri sendiri karena merupakan kelanjutan dari Opsfib.

Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Agus Hariadi mengatakan, pembekalan PPKM bagi perwira jajaran Kolinlamil untuk membekali para perwira dalam memahami proses pengambilan keputusan militer yang akan selalu menjadi bekal para perwira dalam setiap operasi dan latihan, hal ini selaras dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dibidang pembangunan SDM TNI Angkatan Laut yang unggul, serta penyelarasan doktrin operasi latihan dan sistim pelatihan yang fleksibel dan adaptive terhadap dinamika situasi terkini.

Fram
Sumber : Dispen Kolinlamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.