SMK KAL-1 dan SMK KAL-2 Surabaya Ikuti Pameran Pusat Keunggulan (SMK-PK) Expo dan Expose 204 Se- Jawa Timur Tahun. 2022

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya – Yayasan Hang Tuah Surabaya Tahun Ajaran 2022/2023 telah memiliki 2 SMK Pusat Keunggulan , Sekolah Menegah Kejuruan Khusus Angkatan Laut ( SMK KAL-1 dan SMK KAL-2), ke-2 SMK PK milik Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya kemaren sempat di kunjungi oleh Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn) Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P , Anggota Pengawas YHT Laksma (Purn) Nanang Eko Ismurdianto, S.Sos., M.M., C. Fr.A., CRMP, dan Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP di arena Pameran Expo dan Expose 204 SMK PK se-Jawa Timur Tahun.2022.

Gubernur Jawa Timur Dra. Hj Khofifah Indar Parawansa, M.Si membuka secara langsung pameran karya dan inovasi pelajar SMK se – Jatim ini, (28/10/22). Gubernur mengapresiasi berbagai kegiatan yang mengaplikasi kecerdasan buatan. Menurut Gubernur Jartim, Dengan adanya SMK PK ini diharapkan akan semakin banyak lulusan SMK yang siap kerja. Karena mereka telah memiliki skill dan juga kemampuan yang bisa langsung beradaptasi dengan dunia kerja dan dunia industri .

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T mengungkapkan, SMK PK (Pusat Keunggulan) adalah SMK yang ditreatment khusus, dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajarannya serta link and match dengan dudika (dunia industri dan dunia kerja).

Kehadiran 2 (dua) SMK PK milik Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya ini SMK KAL-1 dan SMK KAL-2 menampilkan karya inovasi siswa yang berbeda sesuai dengan Pusat Keunggulan masing-masing di ajang Kegiatan Expo dan Expose SMK Pusat Keunggulan Se – Jawa Timur Tahun 2022 yang bertemapt di Atrium dan Lantai UG Mall City Of Tomorrow (CITO) Jl. Ahmad Yani No. 288, Dukuh Menanggal, Kec. Gayungan, Kota Surabaya C.

Pada tahun 2022 berdasarkan Nomor 26/ D/ O/2022 SMK KAL-1 Surabaya menjadi salah satu Pelaksana Program Bantuan Pemerintah Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Prioritas Sektor Pemesinan dan Konstruksi. Program bantuan tersebut diantaranya berupa kegiatan Non-Fisik, Fisik, dan Peralatan. Terkait dengan kegiatan Non-Fisik yang merupakan program penguatan pembelajaran perlu adanya

Kerjasama antara Sekolah dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur serta Industri dan Dunia Kerja (IDUKA). Dalam upaya memberikan informasi terkait SMK Pusat Keuanggulan.
Kedatangan Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn) Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P di arena Pameran Pusat Keunggulan (SMK-PK) Expo dan Expose 204 se Jawa Timur di lokasi CITO di sambut oleh Pasukan Jajar / Pasjar siswa SMK KAL-1 Surabaya, selanjutnya menuju stan pameran SMK PK di SMK KAL-1 di dampingi oleh Kasatdik SMK KAL-1 Munawar, S.Pd . Di tempat ini siswa bersama guru yang bertugas sebagi guide, menjelasan keberadaan material pameral yang terdiri dari inovasi teknologi pisau serut kitrit, pembuatan vandal akrilik, gantungan akrilik, akrilik led, trainer microcontroller. Trainer PLC, dan scan thermometer kepada rombongan Ketum YHT.

Kunjungan selanjutnya menuju stan SMK KAL-2 , Kasatdi SMK KAL-2 Qurratu Rahimah, S.E sudah menunggu kehadiran rombongan Ketum YHT dan siap menjelaskan keberadaan SMK PK yang sudah lebih awal menjadi SMK PK dengan SMK COE ( Center Of Excellent) dengan Kompetensi yang di unggulkan pada Jurusan Pelayaran Nautika Kapal Niaga, Di tahun 2021 mendapatkan SMK PK Lanjutan dengan TeFa (Teaching Factory) Alat Keselamatan /Apar yaitu Refil dan servis Apar, kemudian di tahun 2022 SMK PK Lanjutan ke-2 dengan Program Skema Pemadanan dengan Industri PT. SAMUDERA SINAR ABADI dengan TeFa Pembuatan kapal V16 dengan spesifikasi bahan dari Viber Glass, panjang 6 meter ,menggunakan mesin 40 PK, Speed 15 – 20 Knots. Pembuatan kapal V16 saat ini sudah selesai dan siap untuk melakukan sea traiyel tinggal menunggu waktu yang sudah di jadwalkan dan kapal berada di bengkel SMK KAL-2. Kasatdik SK KAL-2 juga menyampaikan kepada Ketum YHT bahwa pada tahun ajaran 2022/2023 SMK KAL-2 sebagai SMK PK juga mendapat bantuan lanjutan Program penguatan Pembelajaran.

Di tempat terpisah Kasatdik SMK KAL-1 Munawar, S.Pd melalui telpon seluler menjelaskan kepada awak media bahwa secara umum Kegiatan Expo dan Expose SMK Pusat Keunggulan Se – Jawa Timur Tahun 2022 di ikuti oleh 207 SMK PK, 2(dua) SMK PK diantaranya dari Yayasan Hang Tuah ( SMK KAL-1 dan SMK KAL-2). Pameran ini dalam rangka mendorong SMK yang masuk Program PK (Pusat Keunggulan) untuk berinovasi menciptakan sebuah produk mengarah ke teaching factory (bersama dengan pihak dunia usaha bisa bersama-sama menerima pesanan), menyamamakan persepsi bahwa kepemilikan peralatan/mesin bisa dipergunakan sekolah lain yang belum masuk Program PK, menjadi tempat bersinergi dan atau berbagi pengalaman dari masing–masing daerah se Propinsi Jawa Timur, menggalang potensi sekolah untuk dipamerkan, sebagai ajang promosi sekolah SMK dan menyampaikan perkembangan program SMK PK ke Gubernur Jawa Timur.

Fram/yht/dar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.