SMP Hang Tuah 5 Bidik Siswa Berwirausaha Menuju Profil Pelajar Pancasila

Spread the love

Jurnalline.com, Sidoarjo – SMP Hang Tuah 5 Candi Sidoarjo untuk pertama kalinya menggelar “Showcase Enterpreneurship Day” berupa Bazar Produk Olahan Rumput Laut yang sengaja dikemas dalam sebuah kegiatan sekolah dengan melibatkan seluruh siswa, guru serta orang tua siswa, pembukaan acara oleh Kasatdik SMP Hang Tuah 5 Sumiyati, S.Pd (21/10) disaksikan oleh seluruh manajemen sekolah.

Kasatdik SMP Hang Tuah 5 Sumiyati, S.Pd menjabarkan di depan orang tua siswa yang sengaja di undang, bahwa program kewirausahaan yang di cetuskannya merupakan gagasan menuju iplementasi kurikulum merdeka guna mewujudkan Profil Pelajar Pancasila seperti yang sudah di canangkan oleh Kemendibud Ristek Nadiem Anwar Makarim.

Sementara itu Ketua Panitia “Showcase Enterpreneurship Day” Lilik Handayani , S.Pd menyampaikan kepada awak media bahwa 125 orang tua dari siswa kelas VII sengaja di undang untuk melihat dari dekat bazar yang merupakan produk putra-putrinya yang duduk di kelas VII.

Saat ini proses pembelajaran bagi siswa kelas VII di SMP Hang Tuah 5 naungan dari Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya yang di arsiteki oleh Ketua Pengurus (Kapeng) Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP,
sudah menggunakan kurikulum merdeka . Berkaitan dengan kegiatan hari ini Panitia mengambil tema : “Jiwa Kewirausahaan sebagai jembatan untuk Membangun NKRI”. Pengambilan tema kewirausahaan merupakan iplementasi dari kurikulum merdeka guna mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila yang di galakkan oleh SMP Hang Tuah 5 adalah Kewirausahaan berupa Produk olahan Rumput Laut, yang di bagi dalam 12 kelompok dari siswa kelas VII dengan materi yang sama namun hasil olahan berbeda, antara lain Pukis Rumput Laut, Kerupuk Rumput Laut, Nuget Rumput laut, Martabak Rumput Laut, Onigiri Rumput Laut, Rumput Laut Krispi, Puding Rumput Laut dan Onigiri.

“Showcase Enterpreneurship Day” berupa Bazar Produk Olahan Rumput Laut dengan stan yang di desain di halaman sekolah, langsung laris manis di beli oleh guru, siswa maupun orang tua yang hadir di sekolah, kegiatan ini juga sempat dilirik oleh Pengawas Cabang Dinas Pendidikan Kab. Sidoarjo Muhamad Isa, S.Pd . M.Pd yang hadir di sela-sela bazar. “Menurutnya kegiatan ini sangat positif dan akan dijadikan sebagain acuan bagi sekolah-sekolah lain yang berada di Wilayah Sidoarjo” tuturnya.

Fram
Sumber : Yht

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.