Dua Perwira Menengah Puspomal Mengikuti Pembinaan Teknis Penyusunan Aturan Pelibatan/Rules Of Engagement (ROE)

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL, Jakarta – Kasubdit Minkara Ditbingakum Puspomal Letkol Laut (PM) Feber H Simandalahi, S.H., M.H dan Kasubdit Lalin Ditbingaktib Puspomal Letkol Laut (PM) DR. Muhamad Firdaus, A.Md, S.H, M.H mengikuti pembinaan teknis penyusunan aturan pelibatan/Rules of Engagement (RoE) yang dilaksanakan di Komando Latihan (Kolat ) Koarmada I Jl. Gading Raya Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara.

Latihan yang dibuka langsung oleh Kadiskumal Laksamana Pertama TNI Leonard Marpaung ini diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari para perwira TNI AL perwakilan dari Kotama TNI AL yang dilaksanakan pada tanggal 14 s.d 18 November 2022. Mengutip sambutan Kadiskumal bahwa aturan pelibatan/Rules of Engagement (RoE) merupakan direktif dari komando atas terkait dengan pembatasan bagi komando satuan bawah yang berada di lapangan dalam mengambil inisiatif penggunaan kekuatan dalam setiap pelibatan yang di hadapi dengan melihat potensi dan resiko serta keutungan dan kerugian yang di timbulkan pada suatu peristiwa sehingga dapat dipertanggung jawabkan secara komando.

Penyelenggaraan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada para Perwira TNI AL dalam menyusun aturan pelibatan/Rules of Engagement (RoE), meningkatkan pengetahuan hukum dalam menyusun aturan pelibatan/Rules of Engagement (RoE), dan memberikan dukungan secara hukum dalam pelaksanaan operasi secara komando, khususnya pelaksanaan di operasi laut baik operasi penegakan hukum maupun dalam rangka operasi pertahanan di laut.

Kegiatan Bimtek tersebut sangat penting serta sesuai dengan prioritas dan kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yaitu para komandan lapangan tidak ragu dalam mengambil keputusan sesuai lingkup kewenangannya.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.