Kepsek Novie Paendong Selamat Hari Guru dan HUT PGRI ke 77 2022 “Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar”

Spread the love

Jurnalline.com, MINAHASA – Peringatan Hari Guru Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November 2022, bersamaan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke – 77, menurut Kepala Sekolah SMAN 2 Langowan Kecamatan Langowan Utara kab.Minahasa Drs. Novie H.Paendong Senin, (28/11/2022) kepada media jurnallinedotcom menyampaikan beberapa hal upaya peningkatan profesionalisme guru mewujudkan Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar.

Menilik Kilas Hari Guru Nasional 25 November, berawal dari penghormatan pemerintah di era Presiden kedua Indonesia Soeharto bagi Persatuan Guru Republik Indonesia tertuang di Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional dan Aturan tersebut ditetapkan sejak 24 November 1994.

Guru memiliki kedudukan dan peranan sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional, khususnya dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia
Begitu pula dengan PGRI yang merupakan organisasi guru di Tanah Air oleh pemerintah menetapkan tanggal, 25 November sebagai Hari Ulang Tahun PGRI sekaligus Hari Guru Nasional.

Puluhan tahun menjadi Tenaga Pendidik, dirinya memberi apresiasi kepada Kementerian Ristekdikti Mas Nadiem Makarim, Dinas Pendidikan dan Pemerintah Provinsi Sulut, yang telah melaksanakan program yang menyentuh profesionalisme tenaga Guru. Ada
Enam guru di SMAN 2 Langowan boleh mendapat kesempatan mengikuti seleksi PPPK Guru, Guru penggerak dan Hadirnya Sertifikasi (Sergur) yang memberikan dorongan kepada guru diSMAN 2 Langowan Minahasa sehingga dapat memenuhi standar profesional dan kelayakan.

“Terpenting dalam proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru yang telah memenuhi standar, upaya menciptakan sistem pendidikan yang berkualitas. Juga dalam program Guru Penggerak, hal ini boleh mendorong metode tenaga pendidik dalam pembelajaran secara holistik, aktif, dan proaktif.” Tukasnya

Lanjut Paendong, sosok Guru dimata anak didiknya sangar namun berhati malaikat tegas namun santun cita citanya adalah peserta didik menjadi orang berguna bagi nusa dan bangsa sangat bersyukur pasca Pandemi Covid 19, hampir tiga tahun yang telah dilewati sampai hari ini aktivitas belajar baik guru dan siswa dilaksanakan dengan baik penuh semangat.

Dirinya menambahkan kepada tenaga guru di SMAN2 Langowan, agar terus menjadi
Pendidik yang dapat meningkatkan performa, menjadi teladan seperti Harapan Gubernur Olly dan Wagub Steven sehingga dapat mampu memberikan motivasi menguatkan kemampuan dalam memberdayakan murid.

Selamat Hari Guru, Selamat Hari KORPRI ke 77 tahun 2022, “Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar.”

(Iskandar Effendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.