Kodiklatal Siapkan Tenaga Pendidik Profesional Melalui Kursus Micro Teaching TNI AL

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Kodiklatal, Surabaya, – Sebanyak 86 prajurit Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) strata Bintara mengikuti Kursus Micro Teaching TNI AL TA 2022. Kegiatan ini dibuka Kepala Kelompok Tenaga Pengkaji (Kapoktaji) Pokgadik Kodiklatal Kolonel Laut (P) Ari Widiatmoko, mewakili Kapokgadik Kodiklatal Laksma TNI Nuryadi, di kelas Gabungan Selapa Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Senin (14/11/2022).

Para peserta kursus Micro Teaching tersebut berasal dari satuan kerja di jajaran Kodiklatal. Rencananya kursus ini akan dilaksanakan dari tanggal 14 November 2022 dan akan ditutup pada tanggal 28 November 2022 mendatang.

Kapokgadik Kodiklatal Laksma TNI Nuryadi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Pimpinan Acara menyampaikan, bahwa pola dan struktur pendidikan TNI AL disusun berdasarkan pada spektrum penugasan, tingkat jabatan dan kualifikasi yang diproyeksikan pada penugasan. Menurutnya pendidikan di lingkungan TNI AL harus mampu menciptakan iklim untuk mendorong tiap individu berkembang sesuai bakat, minat, kemampuan dan ciri kepribadiannya.

Seorang tenaga pendidik lanjut Laksma Nuryadi, harus mempunyai kemampuan mengarahkan siswa pada kondisi dan situasi yang kompleks. Agar siswa memiliki kemampuan dalam menggabungkan antara kecerdasan pengetahuan kepribadian dan ketrampilan. Sehingga, ke depan mampu berfikir dan bertindak profesioanal dalam menghadapi tantangan penugasan.

Menurutnya, TNI Angkatan Laut senantiasa meningkatkan profesionalisme prajurit. Khususnya yang bertugas di lembaga pendidikan agar mempunyai kompetensi dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa sebagaimana yang dipersyaratkan dalam undang-undang sistim pendidikan nasional. Upaya itulah yang sekarang dilaksanakan, sehingga kedepan tenaga pendidik di lingkungan TNI AL mampu mengikuti arah perkembangan dunia pendidikan nasional.

“Kursus ini penting mengingat tenaga pendidik merupakan ujung tombak dari proses suatu pembelajaran. Maka, tenaga pendidik haruslah yang benar-benar berkualitas ditinjau dari pengetahuan yang dimiliki serta ketrampilan dan kemampuan untuk mentransfer ilmu kepada peserta didik,” tegas Kolonel Ari Widiatmoko mengutip sambutan Kapokgadik.

Kegiatan kursus Micro Teaching ini juga sebagai salah satu implementasi mewujudkan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono berkaitan dengan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang Unggul.

Fram
Dinas Penerangan Kodiklatal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.