Latihan Bersama TNI AD Dengan AD India, Asops Kaskostrad Buka Latma Garuda Shakti

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Asisten Operasi Kskostrad, Brigjen TNI Christian Kurnianto Tehuteru bersama Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti membuka Latihan Bersama Garuda Shakti yang dilaksanakan di Kartika Training Center, Cilodong Depok, Jawa Barat. Selasa (22/11/2022).

Dalam sambutannya, Asops Kaskostrad menyampaikan selamat datang kepada para prajurit Special Force, Indian Army yang akan melaksanakan Latihan Bersama antara TNI AD dengan AD India.

“Melalui pelaksanaan latihan bersama ini, memungkinkan angkatan darat kedua negara dapat mengambil manfaat yang sebesar-besarnya bagi pembangunan satuan, baik di bidang doktrin, organisasi, taktik dan teknik militer. Diharapkan koordinasi dan kerjasama antara TNI Angkatan Darat dan AD India akan semakin erat dan kokoh, sehingga terjalin hubungan kerjasama yang lebih baik di masa yang akan dating,” kata Asops Kaskostrad.

“Pelaksanaan latihan bersama ini bukan saja untuk memantapkan profesionalisme prajurit, tetapi juga untuk meningkatkan semangat kebersamaan yang pada gilirannya nanti akan tercapai soliditas diantara kedua negara. Para peserta latihan juga akan memiliki wawasan dan pandangan serta pemahaman yang sama terhadap prosedur dan mekanisme pengambilan keputusan dalam melaksanakan kontra terorisme melalui materi patrol,” tambah Brigjen TNI Christian Kurnianto Tehuteru.

Dalam kesempatan tersebut, Asops Kaskostrad memberikan beberapa penekanan yang perlu dipedomani oleh prajurit peserta latihan antara lain :

Pertama, laksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, sebagai sarana untuk mengasah naluri keprajuritan dan meningkatkan kemampuan profesionalisme keprajuritan.

Kedua, perhatikan faktor keamanan dan pengamanan baik personel, materil, berita atau informasi maupun kegiatan, selama melaksanakan kegiatan latihan dengan senantiasa mengikuti prosedur latihan, bertindak disiplin dan professional.

Ketiga, ciptakan suasana yang penuh keakraban sebagai wujud persahabatan dan kebersamaan diantara sesama peserta latihan yang dilandasi rasa saling pengertian dan saling menghormati.

Keempat, lakukan evaluasi dengan cermat terhadap semua materi yang telah dilatihkan, sehingga berbagai kendala dan hambatan selama latihan dapat diperbaiki dan dijadikan sebagai masukan untuk penyempurnaan latma berikutnya.

Diakhir sambutannya, Brigjen TNI Christian Kurnianto Tehuteru berharap pelaksanaan latihan bersama Garuda Shakti antara TNI AD dengan AD India ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib, serta mencapai tujuan dan sasaran latihan yang telah ditentukan.

Alex
Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.