Wakasad Pimpin Peresmian Satuan Baru, Pembekuan dan Alih Kodal Satuan TNI AD

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., memimpin acara Peresmian Satuan Baru, Pembekuan dan Alih Kodal Satuan di Jajaran TNI AD yang diselenggarakan di Aula AH. Nasution, Mabesad. Selasa (22/11/2022).

Penataan dan peresmian satuan tersebut meliputi 2 satuan Kostrad, yaitu Brigif 14/Mandala Yudha Divif I/Kostrad dan Yonif 318/Adhirajasa Yudha Brigif 14/Mandala Yudha Kostrad sebagai tindak lanjut pembekuan Batalyon Mandala Yudha Kostrad.

“Kemudian dilaksanakan juga Alih Kodal dari Kodam III/Slw ke Kesatuan Kostrad yaitu Yonif 320/Badak Putih menjadi Yonif Mekanis 320/Badak Putih Kostrad,”

Prosesi peresmian Brigif 14/Mandala Yudha Divif I/Kostrad dan Yonif 318/Adhirajasa Yudha Brigif 14/Mandala Yudha Kostrad dan Alih Kodal dari Kodam III/Slw ke Kesatuan Kostrad yaitu Yonif 320/Badak Putih menjadi Yonif Mekanis 320/Badak Putih Kostrad ini ditandai dengan penyerahan lambang-lambang satuan dan penandatanganan berita acara serah terima.

Wakasad dalam sambutannya membacakan sambutan tertulis Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman menyampaikan, bahwa penataan dan pembentukan satuan ini merupakan upaya TNI AD dalam memenuhi pembangunan Kekuatan Pokok Minimum atau Minimum Essential Force (MEF) yang dilaksanakan atas dasar konsep pertahanan berbasis kemampuan sesuai dengan kebijakan strategis TNI AD 2010-2029.

“Penataan dan pembentukan satuan ini nantinya diharapkan mampu menghasilkan satuan-satuan yang lebih efektif dan efisien dalam mendukung setiap pelaksanaan tugas-tugas TNI Angkatan Darat,” lanjut Wakasad.

Di akhir sambutannya, Kasad menekankan kepada para unsur pimpinan beserta staf terkait, untuk segera melaksanakan penyesuaian program kerja dan anggaran satuan masing-masing, sehingga pelaksanaan peresmian dan alih kodal satuan-satuan jajaran TNI AD ini dapat berlangsung sesuai tujuan dan sasaran yang ingin dicapai serta terciptanya tertib administrasi.

Alex
Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.