Danlantamal XI Merauke Resmikan Bedah Rumah dan Laksanakan Bakti Sosial di Kampung Kumbe Distrik Malind

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL, Lantamal XI – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XI Merauke Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono, S.H yang dihadiri Pejabat Gubernur Provinsi Papua Selatan, Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT bersama unsur Forkopimda, meresmikan bedah rumah dan bakti sosial bertempat di Kampung Kumbe Merauke, Distrik Malind, pada hari Rabu (14/12).

Dalam kegiatan tersebut, Danlantamal XI beserta jajarannya berkesempatan mengunjungi Kampung Kumbe Distrik Malind untuk melakukan sejumlah kegiatan yang membidik masyarakat setempat. Diantaranya, yaitu bertemu dengan para siswa Rumah Pintar Kampung Bahari Nusantara, meninjau tempat pembuatan gula merah binaan Lantamal XI, meninjau Kampung Bahari Nusantara TNI AL Kampung Kumbe, meresmikan rumah warga program bedah rumah Lantamal XI dan bakti sosial dengan memberikan bantuan sembako kepada warga Kampung Kumbe.

Danlantamal XI Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono, S.H dalam sambutannya menyampaikan “Tujuan program kampung Bahari Nusantara adalah untuk menciptakan pemberdayaan di wilayah pertahanan bersama segenap unsur TNI-Polri. Tentunya karena kami dari Lantamal, Angkatan Laut, kami yang berada di sektor pesisir. Nantinya ada 5 kluster yang akan dilaksanakan dalam Program Kampung Bahari Nusantara, antara lain kluster ekonomi, kluster kesehatan, kluster pendidikan, kluster pariwisata, kluster pertahanan” Ungkap Danlantamal XI.

Lebih lanjut Danlantamal XI menambahkan “Kami dari TNI-AL mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah yang sudah berkolaborasi untuk membantu masyarakat, tentunya tidak cukup sampai disini kami akan selalu berkolaborasi dengan unsur TNI-Polri dan pemerintah daerah untuk membantu masyarakat. Kepada masyarakat dan kepala Kampung Kumbe kami ucapkan terimakasih sudah turut membantu terlaksananya kegiatan ini. Saat ini Merauke sudah menjadi Provinsi Papua Selatan untuk semua anggaran untuk pembangunan daerah sudah tidak melalui Provinsi Papua, sehingga diharapkan untuk proses pembangun lebih cepat dan mudah dalam pengawasannya. Semoga acara ini berkah untuk kita semua dan khususnya untuk masyarakat kampung kumbe”, tutup Danlantamal XI.

Langkah yang ditempuh pihak Lantamal XI ini mendapat sambutan positif dari Penjabat Gubernur Provinsi Papua Selatan, Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT yang melontarkan pujian terhadap program tersebut. Ia menilai program yang diusung TNI AL itu bersentuhan langsung dengan masyarakat kecil. Hal ini sejalan dengan program nasional untuk mengejar ketertinggalan, mengentaskan kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Oleh sebab itu pada kegiatan-kegiatan berikutnya Pemerintah Provinsi Papua siap untuk bekerja sama dengan Lantamal XI, baik dalam program bakti sosial maupun Kampung Bahari Nusantara,” jelas gubernur.

Disela-sela peresmian bedah rumah dan bakti sosial di Kampung Kumbe juga dilaksanakan Vicon terpusat yang dipimpin Wakil Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. dari Lanal Kendari Kelurahan Lalowaru, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

Kegiatan pelaksanaan bedah rumah dan bakti sosial ini selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono yaitu “Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.”

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pejabat Utama Lantamal XI, Pejabat Gubernur Provinsi Papua Selatan, Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Merauke, Para Kasatker Lantamal XI, Danyonmarhanlan XI, Kepala Kampung Kumbe Bapak Mamat, Tokoh Adat Kampung Kumbe, Tokoh Masyarakat Kampung Kumbe, Tokoh Agama Kampung Kumbe dan Ibu-Ibu Jalasenastri Korcab XI DJA III.

Fram
Dispen Lantamal XI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.